Ternyata Belajar Bahasa Baru Dapat Membuat Anda Lebih Pintar

Ternyata Belajar Bahasa Baru Dapat Membuat Anda Lebih Pintar

Senin, 5 Sep 2016 | 09:15 | Fellyanda Suci Agiesta

WinNetNews.com - Siapa yang tidak ingin menguasai beberapa bahasa sekaligus. Nah ada sebuah kolaborasi antara para peneliti di Sekolah Tinggi Ekonomi dan University of Helsinki yang menemukan bahwa belajar bahasa baru membuat Anda lebih pintar, atau setidaknya terkait dengan pengolahan informasi tertentu lbisa ebih cepat.

Dalam studi yang relatif kecil yang diterbitkan dalam Laporan Ilmiah, electroencephalography (EEG) digunakan untuk mengukur aktivitas otak dari 22 mahasiswa, mereka mendengarkan rekaman kata-kata dalam bahasa yang berbeda. Menurut peneliti, "pembentukan jejak memori dari kata baru tercermin dalam peningkatan respon neurofisiologis" - dengan kata lain, peserta menunjukkan perubahan dalam aktivitas otak ketika mereka menemukan kata-kata baru, seperti dikutip dari Bustle.

Semakin cepat aktivitas otak kembali ke tingkat normal, peserta akan cepat memproses kata baru. (Bahasa jauh lebih rumit daripada seperti logika sederhana, tapi pola otak yang berbeda telah dikaitkan dengan kemudahan akuisisi bahasa di masa lalu.) Setelah itu, peneliti membandingkan aktivitas otak partisipan terhadap beberapa faktor seperti jumlah bahasa yang mereka bicarakan dan usia.

Hasil? Orang yang mengetahui lebih dari satu bahasa menunjukkan aktivitas otak yang lebih ketika dihadapkan dengan kata baru, dan menurut Science Daily , mereka yang lebih tahu bahasa dapat memproses informasi lebih cepat.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...