(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Ternyata dengan Playstation Classic, Game dari Flash Disk Bisa Dimainkan

Rusmanto
Rusmanto

Ternyata dengan Playstation Classic, Game dari Flash Disk Bisa Dimainkan ilustrasi

WinNetNews.com - Ada sejumlah masalah yang muncul di Sony PlayStation Classic, seperti ketersediaan game di konsol tersebut. Kini muncul masalah baru, yaitu keamanan konsol.

Sony disebut tak berusaha menyembunyikan alat untuk menjebol keamanan konsol anyarnya itu. Bahkan, alat untuk mendekripsi software PS Classic itu disimpan Sony dalam konsol itu sendiri.

Hal ini diketahui dari sejumlah hacker konsol terkenal, seperti Yifan Lu dan madmonkey1907 yang menunjukkan proses untuk menjebol konsol tersebut. Dalam dokumentasi tersebut, terungkap kalau Sony hanya menyembunyikan kunci untuk mendekripsi software penting di dalam konsol tersebut.

Setelah dijebol, PlayStation Classic itu pun disulap menjadi platform emulator game. Sebagai contoh, Yifan Lu bisa memainkan Crash Bandicoot yang disimpannya dalam flash disk.

Lalu ada juga hacker konsol lain bernama Pat Hartl yang membuat alat open source bernama BleemSync, yang membuat pengguna biasa bisa menjebol konsol itu sendiri di rumah masing-masing.

Dengan kreativitas para hacker, PlayStation Classic mungkin nantinya juga bisa dipakai untuk memainkan game yang lebih baru, atau bahkan dipakai memainkan game dari platform lain. Demikian dikutip dari The Verge, Selasa (11/12/2018).

Hal ini sebenarnya cukup ironis, karena Sony merilis PlayStation Classic agar para gamer bisa bernostalgia dengan game dan konsol jadul, atau mungkin sekadar untuk menambah koleksinya. Ternyata konsol itu itu kini justru bisa "disulap" untuk memiliki lebih banyak kegunaan.

 

 

 

Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul "Dijebol, PlayStation Classic Bisa Mainkan Game dari Flash Disk"

Apa Reaksi Kamu?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});