(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Ternyata Gadget Menghambat Perkembangan Balita

Nadia Chevina
Nadia Chevina

Ternyata Gadget Menghambat Perkembangan Balita

Wingamers – Tidak hanya orang dewasa, gadget pada jaman sekrang ini juga disukai anak-anak. Bahkan anak yang dibawah umur 5 tahun sudah tahu apa itu gadget dan menggunakannya.

Vera Itabiliana Hadiwidjojo, psikolog anak, mengatakan bahwa orangtua sebaiknya tidak membiarkan anak bermain gadget sebelum usia dua tahun.

Beliau menegaskan hati-hati sama gadget. Anak di bawah usia dua tahun sebaiknya tidak bersentuhan dulu dengan gadget karena pada usia itu masa tumbuh kembang, terutama pada otak anak.

Sering bermain gadget dapat menghambat stimulus fisik atau motorik anak, menghambat perkembangan kognitif, sosial, dan emosional anak. "Banyak anak sekarang kesulitan menggenggam sesuatu, seperti pegang pensil. Ketika main gadget, perkembangan motoriknya enggak dapat. Motorik halusnya enggak terstimulus dengan baik, motorik kasarnya juga karena dia lebih sering duduk main gadget," terang Vera.

Pemakaian gadget yang cukup dengan sentuhan juga bisa membuat motorik halus anak tidak bekerja dengan baik, seperti kemampuannya menggenggam atau mencengkram. Vera mengaku cukup sering mendapati anak yang tumbuh kembangnya terganggu seperti sulit berkonsentrasi dan terlambat berbicara karena mereka terlalu banyak bersentuhan dengan gadget di awal-awal usia kehidupan.

Tak hanya itu, anak juga bisa jadi terlambat berjalan ketika memasuki usia satu tahun jika pada usia sebelumnya sering diberi gadget. Lebih baik berikan anak mainan yang bisa merangsang kemampuan motorik kasar dan halusnya. Untuk mencegah anak kecanduan gadget, kuncinya ada pada orangtua.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});