Ternyata Ini Efek Samping Asam Mefenamat yang Harus Kamu Tau

Oky
Oky

Ternyata Ini Efek Samping Asam Mefenamat yang Harus Kamu Tau

Winnetnews.com - Asam Mefenamat adalah salah satu obat yang banyak dijual di Apotik-apotik dan memiliki kandungan meefnic acid. Jenis obat Asam Mefenamat juga beragam, ada yang berbentuk kaplet salaput, tablet dan lain-lainnya.

Obat Asam Mefenamat ini berfungsi sebagai anti inflamasi non steroid yang mana bisa menghambat perkembangan prostaflandin yang berada di dalam jaringan tubuh manusa.

Yang lebih penting lagi adalah bahwa obat Asam Mefenamat ini sering digunakan sebagai obat yang berhubungan dengan rasa nyeri, mulai dari nyeri gigi, kepala, setelah menjalani operasi dan berbagai macam nyeri lainnya.

Dan pada kesempatan kali ini kita juga akan membahas lebih banyak lagi tentang Asam Mefenamat – Fungsi dan Efek sampingnya bagi kesehatan.

Sebenarnya banyak sekali manfaat obat Asam Mefenamat bagi tubuh, hanya saja ada beberapa manfaat yang paling bis dirasakan oleh seseorang ketika mengkonsumsi obat Asam Mefenamat.

Fungsi Asam Mefenamat

1. Atasi nyeri gigi

Para penderita sakit gigi biasa membeli obat Asam Mefenamat ini di apotik, karena obat Asam Mefenamat ini memang dipercaya sangat ampuh sekali untuk mengatasi nyeri gigi sebagai akibat dari timbulnya karang gigi, gigi berlubang, adanya masalah di rahang dan lainnya.

Nyeri gigi itu sendiri merupakan gejala sakit gigi, terkadang seseorang akan langsung membawanya ke dokter, setela hdilakukan pemeriksaan, kita hampir pasti akan diberikan beberapa obat dan salah satunya adalah Asam Mefenamat.

Untuk meredakan sakit kepala (nyeri)
Sakit kepala mulai dari rasa nyeri karena terlalu keras berpikir, migraine (sakit kepala sebelah), sakit kepala di bagian belakang bisa kita obati dengan Asam Mefenamat.

Bahkan Asam Mefenamat dipercaya bisa menenangkan pikiran setelah terlalu keras berpikir dan mengalami pusing.

2. Untuk meredakan nyeri otot

Asam Mefenamat juga sering digunakan untuk mengobati nyeri otot bahkan asam lambung.

Kedua masalah kesehatan tersebut memang sangat mengganggu aktivitas jika tidak segera diobati dan cara paling ampuh untuk mengobatinya adalah dengan mengkonsumsi obat Asam Mefenamat.

Dengan Asam Mefenamat maka otot yang tegang bisa kembali lemas. Biasanya setelah mengkonsumsi Asam Mefenamat seseorang dianjurkan untuk beristirahat sejenak.

3. Untuk meredakan nyeri saat haid

Asam Mefenamat ternyata juga bisa dijadikan sebagai obat anti nyeri ketika menstruasi atau haid. Pada masalah ini, fungsi Asam Mefenamat adalah untuk menurunkan volume pendarahan yang menjadi penyebab rasa nyeri ketika menstruasi .

4. Untuk meredakan rasa nyeri setelah operasi

Setelah seseorang selesai menjalani operasi tentu mereka akan merasakan nyeri, nah fungsi Asam Mefenamat disini adalah untuk meredakan rasa nyeri setelah operasi tersebut.

Rasa nyeri setelah operasi itu sebenarnya disebabkan karena putusnya kontinuitas jaringan yang berfungsi untuk menstimulasi tubuh, akibatnya muncullah rasa nyeri, dan obat Asam Mefenamat ini fungsinya adalah untuk meredakan rasa nyeri tersebut.

Selain memiliki banyak fungsi bagi kesehatan, akan tetapi Asam Mefenamat juga tetap memiliki efek samping sepertinya halnya obat-obatan kimia dengan dosis tinggi.

Nah dibawah ini adalah beberapa efek samping Asam Mefenamat yang perlu anda ketahui.

Efek samping Asam Mefenamat

  1. Mengalami trombotik kardiovaskular
  2. Hipertensi
  3. Gagal jantung kongestif dan edema
  4. Resiko ulserasi, perdarahan, dan perforasi.

 

 

Penulis : Oky Alexander Weni
Editor : Baiq Fevy Shofya Wahyulana

Apa Reaksi Kamu?