Ternyata Ini Manfaat Dari Shalat Dzuhur

Ternyata Ini Manfaat Dari Shalat Dzuhur sumber foto : istimewa

Winnetnews.com - SHALAT Dzuhur merupakan salah satu shalat fardu yang terdiri terdiri atas 4 rakaat. Sayangnya masih banyak yang belum memahami benar tentang manfaatnya, selain mendapatkan pahala yang akan didapat.

Allah SWT telah menciptakan suatu rahasia di balik perintah. Berikut beberapa manfaat shalat dzuhur dari berbagai sumber hadist yang mendasarinya:

1. Shalat dzuhur, waktu pintu langit sedang di buka

Dalam suatu hadist, Nabi Muhammad SAW lebih suka melakukan amalan – amalan saleh pada waktu dzuhur dikarenakan saat waktu dzuhur yaitu waktu dimana saat pintu langit di buka.

Contoh amalan tersebut yaitu shalat  qobliah dan ba’diyyah (Shalat sebelum dan sesudah) Shalat Dzuhur

2. Diharamkan dari api neraka

Dalam suatu hadist, Rasulullah pernah menjelaskan bahwa shalat dzuhur adalah waktu dimana api neraka dinyalakan. Karenanya bagi orang yang menjalankan shalat dzuhur diharamkan atas api neraka yang menyala–nyala pada waktu hari kiamat.

3. Manfaat dalam ilmu medis

Shalat dzuhur dikerjakan pada waktu dimana aktivitas manusia sedang memuncak dan sedang merasa lelah. Waktu dzuhur merupakan waktu yang tepat untuk relaksasi untuk mengurangi kelelahan serta kepenatan tersebut .

Dengan mengambil air wudhu pada saat Shalat Dzuhur, dapat menjadikan tubuh kita rilex dan merasa lebih segar, serta menjadikan semangat lagi dalam menjalankan semua aktifitas.

Gerakan Shalat Dzuhur juga dapat mengobati tubuh kita yang awalnya sedang merasa pegal, akibat banyaknya pekerjaan.

Makan siang setelah melaksanakan shalat dzuhur juga akan lebih terasa nikmat dibandingkan makan sebelum shalat. Karena dengan berkumur pada waktu wudhu, dapat membersihkan semua kuman yang terdapat di dalam mulut kita.

Basuhan air wudhu juga dapat membersihkan diri kita tidak hanya dari najis atau menjadikan sah shalat kita, tapi akan terhindar dari penyakit seperti batuk dan diare.

Coba bayangkan kita yang beraktivitas seharian pasti tidak lepas dari debu, kalau kita makan tidak cuci tangan atau membersihkan diri dulu, pasti kita akan sering mudah terjangkit flu bahkan diare .

Demikian penjelasan mengenai beberapa manfaat Shalat Dzuhur, semoga bermanfaat.