(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Ternyata Ini Penyebab Batuk di Malam Hari dan Cara Mengatasinya

Oky
Oky

Ternyata Ini Penyebab Batuk di Malam Hari dan Cara Mengatasinya Sumber foto : Istimewa

Winnetnews.com - Batuk merupakan reaksi alami tubuh untuk membersihkan saluran pernafasan yang mungkin mengalami iritasi akibat debu, kotoran, polusi yang terhirup dan menempel pada lendir di saluran nafas anda.

Namun apa jadinya jika batuk terjadi pada malam hari dan hal itu sering terjadi…? Anda pasti akan sangat tersiksa karena waktu malam yang harusnya bisa anda manfaatkan untuk tidur terganggu oleh batuk yang tak ada hentinya.

Apalagi keadaan tersebut hanya terjadi pada waktu malam saja dan pada waktu siang hari keadaan tampak normal-normal saja sehingga waktu istirahat anda akan sangat terganggu akibat batuk tersebut.

1. Penyebab batuk malam hari

Ada beberapa penyebab yang menjadi pemicu utama seseorang mengalami batuk pada malam hari, diantaranya adalah sebagai berikut:

Batuk pada malam hari bisa diakibatkan oleh alergi terhadap suatu benda atau jenis makanan dan minuman tertentu yang memicu terjadinya batuk. Biasanya batuk yang dipicu oleh alergi disertai dengan sesak nafas.

Peradangan pada tenggorokan bisa terjadi kapan saja, bisa jadi batuk malam hari yang anda alami disebabkan oleh gejala radang tenggorokan.

Peradangan pada rongga sinus akan menyebabkan hidung tersumbat dan pada saat posisi tidur lendir secara otomatis akan mengalir ke tenggorokan dan menyebabkan batuk.

A. Akibat penyakit bronkitis

Penyakit bronkitis juga bisa menjadi pemicu terjadinya batuk pada waktu malam hari, penyakit ini biasanya disebabkan oleh virus, bakteri atau mikroba yang menyebabkan peradangan pada saluran bronkus.

B. Karena kekuarangan zat besi

Zat besi yang berfungsi untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke jaringan tubuh yang membutuhkan, kekurangan zat besi bisa saja menjadi pemicu utama batuk kronis pada malam hari yang anda alami.

Seringkali orang tak meyadari bahwasanya batuk kering juga salahsatu gejala dari penyakit asma, meskipun biasanya gejala asma yang umum adalah sesak nafas dan mengi. Namun kenyataanya batuk juga merupakan gejala asma yang sering diabaikan.

Batuk sebagai refleks tubuh terhadap benda asing yang masuk akan terjadi jika anda tanpa sengaja menghirup debu. Jadi mulai sekarang perhatikan kebersihan tempat tidur anda agar bersih dari debu dan lainnya.

Suhu udara yang terlalu kering di kamar anda bisa menjadi pemicu masalah pada saluran pernafasan anda, hal itu akan menyebabkan tenggorokan menjadi kering dan gatal sehingga batuk tak terhindarkan.

2. Cara mengatasi Batuk pada malam hari

Untuk meredakan batuk pada malam hari yang anda alami, disini admin akan membagikan tips sederhana dengan harapan bisa membantu mengatasi masalah yang sedang anda hadapi.

Perpaduan andtara teh herbal hangat plus madu akan membantu meredakan batuk malam hari yang sedang anda lami, karena minuman hangat akan membantu mengencerkan lendir pada saluran pernafasan.

A. Tidur dengan posisi kepala lebih tinggi

Dengan tidur pada posisi bantal lebih tinggi akan membantu meredakan batuk, karena lendir dari saluran bronkus tak akan mengalir ke tenggorokan yang menyebabkan terjadinya batuk.

B. Pastikan suhu udara kamar anda lembab

Agar tak mengalami batuk pada saat tidur dimalam hari, pastikan kamar anda tidak terlalu kering suhu udaranya. Anda bisa menggunakan humidifier atau pelembab udara dikamar anda agar kelembaban udara tetap terjaga.

C. Jangan tidur di bawah kipas angin / AC

Hembusan udara dari kipas angin dan AC yang mengarah langsung ke wajah anda akan berakibat memperparah batuk yang anda derita.

D. Pastikan kamar anda bersih

Agar terhindar dari batuk akibat menghirup udara yang terkontaminasi dengan debu dan polusi lainnya, pastikan kamar dan tempat tidur anda bersih dari debu dan kotoran lainnya yang bisa memicu alergi penyebab batuk pada malam hari.

E. Mandi atau berendam air hangat

Mandi dan berendam air hangat akan sangat membantu menguapi saluran pernafasan yang kering agar menjadi lebih lembab. Namun tips ini tak bisa di lakukan oleh anda yang mengalami asma karena akan memperparah batuk yang anda alami.

F. Lakukan pijat refleksi batuk

Pijat refleksi bisa anda gunakan untuk membantu meredakan batuk malam hari yang anda alami, untuk keterangan lebih lanjut silahkan baca artikel saya tentang titik refleksi batuk yang sudah saya share terdahulu.

Demikian beberapa penyebab dan cara mengatasi batuk malam hari yang bisa saya share pada kesempatan hari ini, jika anda mengalami batuk yang tak berhenti setelah mengikuti beberapa tips sederhana tersebut, segera pergi ke dokter atau ahli pengobatan anda untuk pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.

Terimakasih semoga membantu.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});