Skip to main content

Ternyata, Jas Donald Trump Bukan Buatan USA, Tapi Buatan Orang-orang Indonesia

Donald Trump dengan Jasnya foto: istimewa
Donald Trump dengan Jasnya foto: istimewa

WinNetNews.com - Di setiap kesempatan, Donald Trump sangat memperhatikan penampilan. Jas menjadi pilihan presiden baru Amerika Serikat ini. Namun tahukah kamu? Ternyata jas Donald Trump ini buatan orang-orang Indonesia!

Pasti kamu menganga dan sibuk mengecek kebenarannya. Tak perlu repot karena temuan ini sudah dilakukan oleh jurnalis-jurnalis dari BuzzFeed.com. Donald Trump yang begitu bangga dengan ke-Amerika-annya, ternyata memakai barang-barang yang dibuat negara lain.

Sebelumnya, Donald Trump pernah berkoar di depan para pendukungnya. Ia bersumpah akan mengembalikan pabrik yang memproduksi merek AS di luar negeri, kembali ke Negeri Paman Sam.

Trump bahkan berjanji tak mau makan biskuit Oreo setelah pabriknya Nabisco memutuskan hengkang ke Meksiko.

Namun, hasil investigasi Buzzfeed menemukan hal sebaliknya. Ternyata Trump justru membuat barang-barang buatannya di luar negeri. Media itu menemukan ada pabrik baju Trump di Honduras. Para buruhnya digaji hanya beberapa dolar per hari, mereka diperas keringat di lingkungan kerja yang tidak manusiawi.

Meski terus menyebut kekayaan negerinya, Amerika Serikat, termasuk angkatan kerjanya, Trump ternyata tidak memberikan lapangan kerja kepada saudara sebangsanya. Jelas bertolak belakang dengan apa yang ia umbar dalam kampanyenya.

Pada bulan lalu, Trump mendaftarkan 78 pekerja asing untuk bekerja di kelab miliknya di Palm Beach. Suami dari Melania itu berdalih tak ada orang AS yang bisa bekerja di sana.

Kembali ke soal jas, dari manakah baju itu dibuat? Ternyata... "Kami membuka kardus, dan mengecek label, di atas label logam merek Trump, jawabannya tertera: Indonesia," kata Wagner dari Buzzfeed.

Untuk memastikan, Wagner bahkan memvideokan baju serta tulisan merek yang dibuat di Indonesia.

Donald Trump tidak merespons konfirmasi tentang di mana jas itu dibuat. Di penutupan video investigasi soal jas capres Republik, jurnalis Wegner sedikit nakal dengan memparodikan semboyan Trump yang terkenal, 'Let's make America Great Again (and Indonesia too)'.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top