(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Ternyata Kapasitas Baterai Android Lebih Besar Dibandingkan Apple

Rusmanto
Rusmanto

Ternyata Kapasitas Baterai Android Lebih Besar Dibandingkan Apple ilustrasi

WinNetNews.com - Seakan sudah menjadi 'kebiasaan' Apple tak mengungkap secara detail spesifikasi dari trio iPhone terbaru yaitu XS, iPhone XS Max, dan iPhone XR. Hal itu tentu meninggalkan pertanyaan, misalnya berapa kapasitas baterai iPhone anyar.

Nah baru-baru ini telah terungkap daya baterai ketiga keluarga baru iPhone tersebut. Hal itu dapat diketahui setelah iPhone XS, iPhone XS Max dan iPhone XR dinyatakan lulus sertifikasi di China.

Tak sembarangan produk bisa masuk ke negeri Tirai Bambu ini. Pemerintah setempat juga mewajibkan kepada vendor mengungkap berapa sesungguhnya kapasitas baterai dari produk yang akan dipasarkan di China.

Dilansir dari Phone Arena, Kamis (20/9/2018), kapasitas baterai milik iPhone XS Max jadi yang paling jumbo dengan 3.174 mAh. Sedangkan saudaranya, yaitu iPhone XS yang punya baterai 2.658 mAh, kapasitasnya bahkan lebih kecil dibandingkan iPhone XR dengan baterai 2.942 mAh.

Bila melihat ke belakang, kapasitas baterai yang dibenamkan Apple pada produk terbarunya ini tidak ada perbedaan signifikan. Diketahui, iPhone X memiliki baterai 2.716 mAh. Artinya, Apple meningkatkan kapasitas baterai sebesar 458 mAh di iPhone XS Max.

Jika melihat kompetitornya di jagat Android, baterai iPhone terbaru terhitung kalah. Sebut saja Samsung Galaxy Note 9 hadir dengan baterai 4.000 mAh, mengalami peningkatan dari seri sebelumnya Note 8 yang punya kapasitas baterai 3.500 mAh.

Lalu, Oppo menyematkan baterai berkapasitas 3.730 mAh pada Find X standar. Sementara versi Lamborghini punya daya tampung 3.400 mAh.

Bahkan, jika disandingkan dengan Xiaomi melalui sub-brandnya, Poco melalui smartphone Pocophone F1, smartphone menengah ini terbenam daya baterai 4.000 mAh.

Tapi perlu jadi catatan, ukuran kapasitas baterai bukan jadi penentu makin panjangnya usia pakainya sebenarnya. Optimasi software, manajemen daya yang efektif dari komponen internal ponsel, serta resolusi layar dan kecerahan, turut memiliki peran dalam ketahanan baterai. (detikcom)

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});