Ternyata Kebiasaan Menggunakan Masker Bisa Merusak Wajah

Oky
Oky

Ternyata Kebiasaan Menggunakan Masker Bisa Merusak Wajah

Winnetnews.com - Masker itu jadi salah satu skincare yang sering banget dimiliki tiap cewek! Kita tahu kalau memakai masker itu rasanya enak banget. Setelah memakai masker, kulit kita juga bakalan terlihat lebih flawless dan lembut, deh.

Namun, kita enggak bakalan bisa menerima manfaat masker wajah yang maksimal kalau enggak memakainya dengan benar. Masalahnya, kita sering banget lakukan 5 kebiasaan ini yang bikin masker malah membahayakan kulit, bukan membuat kulit kita jadi mulus!

Makanya, coba cari tahu 5 kesalahan saat memakai masker wajah yang malah membahayakan kulit kita!

1. Memakai masker saat wajah masih kotor

Langkah pertama dalam memakai masker adalah memastikan wajah kita benar-benar bersih terlebih dahulu. Kalau kita pakai masker ketika wajah masih kotor, maskermalahan akan hanya membersihkan kotoran yang ada di permukaan kulit, bukan yang di dalam permukaan kulit! Selain itu, maskerjuga enggak bakalan terlalu efektif, deh.

Untuk itu, kita harus menghapus make up pakai micellar water atau makeup remover, dilanjutkan dengan double cleansing pakai cleansing oil/balm, dan terakhir ditutup dengan menggunakan sabun pencuci muka yang tepat sesuai kulit kita.

2. Memakai masker pakai tangan kita

Memang paling enak kalau pakai masker apapun hanya dengan tangan kita, karena lebih cepat!

Namun, tahu kan kalau tangan kita itu punya banyak banget kuman dan kotoran yang bisa menempel pada wajah dan menyebabkan masalah?

Makanya, pakai brush kalau kita ingin menggunakan masker yang berbentuk krim. Kalau kita pakai sheet mask, pastikan kita mencuci tangan dengan sabun terlebih dahulu sebelum memegang sheet mask, ya!

3. Membiarkan masker terlalu lama

Pada umumnya, kita memakai masker sekitar 10-20 menit. Namun, terkadang kita suka kebablasan dan memakainya melebihi 30 menit!

Ini sama sekali enggak bagus untuk kulit kita, karena kulit bakalan jadi super kering, deh. 

4. Enggak membersihkan masker dengan benar

Kalau kita memakai masker yang jenisnya krim, otomatis kita bakalan membilasnya dengan air biasa untuk membersihkan residunya.

Nah, kalau kita enggak membersihkannya dengan benar, alias masih meninggalkan sisa-sisa masker, itu sama aja kita pengin merusak kulit sendiri!

Residu maskerbakalan bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan masalah pada kulit kita, nih!

Makanya, selalu pastikan kita membersihkan masker. Perhatikan pada sela-sela hidung, daerah dagu, ataupun rahang yang sering terlupakan untuk dibersihkan. Setelah itu, bersihkan lagi pakai toner supaya enggak ada sisa maskerpada wajah kita.

5. Cuma mau pakai satu jenis masker

Kalau memang ada satu masker yang bikin kita merasa kulit benar-benar flawless dan selalu kita pakai tiap saat, ternyata kebiasaan ini juga enggak baik, lho!

Kenyataannya, kita butuh masker yang berbeda-beda untuk tiap area wajah. Selain itu, kita juga butuh masker yang berbeda tiap hari, karena masalah kulit sebenarnya berbeda-beda tiap hari, lho!

 

 

Penulis : Oky Alexander Weni
Editor : Baiq Fevy Shofya Wahyulana

Apa Reaksi Kamu?