Ternyata Makan Makanan "Busuk" Ini Baik untuk Kesehatan Tubuh Loh!

Ternyata Makan Makanan "Busuk" Ini Baik untuk Kesehatan Tubuh Loh!

Rabu, 13 Jan 2016 | 16:15 | Nadia Chevina
WinNetNews.com - Para ahli kesehatan kini membuktikan bahwa makanan “busuk” juga memiliki manfaat kesehatan. Meskipun makanan fermentasi ini kadang memiliki rasa dan aroma aneh yang kurang cocok di lidah, tapi makanan ini bisa membantu tubuh melawan berbagai penyakit yang tidak diinginkan karena mengandung nutrisi. Melansir Bold Sky, berikut adalah makanan-makanan “busuk” yang baik bagi kesehatan tubuh.

1. Sauerkraut

image0

(sumber gambar: google)

Sauerkraut atau asinan kubis ini bisa membantu kamu jika sedang mengalami masalah pencernaan. Mengkonsumsi asinan kubis merupakan salah satu cara pengobatan rumahan yang baik untuk mengobati penyakit tersebut. Asinan ini terbuat dari kubis yang difermentasi dengan garam dalam waktu yang lama sampai tercipta rasa asam secara alami.

 

2. Miso

image1

(sumber gambar: google)

Tahukah kamu jika mengkonsumsi sup miso ini bisa mencegah kanker? Yap, makanan terbuat dari kacang kedelai yang sudah difermentasi dengan barley, gandum, dan beras ini merupakan salah satu makanan “busuk” yang baik bagi kesehatan.

 

3. Keju

image2

(sumber gambar: google)

Keju terbuat dari susu yang sudah diberi bakteri dan enzin tertentu, sehingga membuatnya mengental dan berbuih. Setelah mengental dan mengeras, kemudian dipotong, dibentuk, dan dimatangkan menjadi keju. Produk olahan susu yang satu ini mengandung salah satu komponen penting yaitu kalsium. Seperti yang kita ketahui, kalsium sanga baik untuk tulang dan kesehatan mulut.

 

4. Acar

image3

(sumber gambar: google)

Mentimun merupakan salah satu bahan utama dalam pembuatan acar. Potongan mentimun matang disimpan dalam cuka atau air garam dalam waktu yang lama kemdian baru dikonsumsi. Dikatakan bahwa acar baik untuk wanita hamil karena bisa mengontrol rasa mual di pagi hari dan ngidam berlebihan.

 

5. Tempe

image4

(sumber gambar: google)

Selain rasanya yang enak, makanan khas Indonesia yang satu ini juga terbilang murah dan mudah didapat. Tempe sendiri terbuat dari kacang kedelai yang direndam dalam cuka untuk proses fermentasi. Setelah itu diikat dengan miselium, yang merupakan jamur.

 

6. Kefir

image5

(sumber gambar: google)

Hampir sama dengan keju, kefir juga terbuat dari susu kambing atau sapi. Perbedaannya, kefir terbuat dari susu yang diinokulasi dengan biji kefir. Makanan “busuk” ini sehat bagi lambung, karena bisa membantu dalam mencegah gangguan pencernaan dan masalah lambung lainnya.

 

7. Kimchi

image6

(sumber gambar: google)

Makanan “busuk” lainnya yang baik untuk kesehatan adalah kimchi. Makanan khas Korea Selatan ini memiliki rasa yang khas. Kimchi bisa terbuat dari berbagai jenis sayuran, tapi yang paling populer adalah kubis. Setelah dicampurkan dengan berbagai bumbu asin dan pedas, kimchi kemudian disimpan dalam wadah kedap udara beberapa hari sebelum dikonsumsi.

Dilansir dari laman dreamersid 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...