Ternyata Membaca Dapat Menambah Umur Lebih Panjang

Ternyata Membaca Dapat Menambah Umur Lebih Panjang

Kamis, 11 Agt 2016 | 15:33 | Fellyanda Suci Agiesta

WinNetNews.com - Bagi kamu penggemar membaca buku, berarti umur kamu akan semakin panjang. Hal ini pernah dibuktikan melalui survei dari sebuah studi. Dari 3.635 orang yang disurvei tentang kebiasaan kesehatan dan membaca mereka, seorang kutu buku 20 persen memiliki umur lebih panjang sekitar 12 tahun. Termasuk beberapa faktor seperti jenis kelamin, pendidikan, dan kemampuan kognitif.

Penelitian, yang diterbitkan Ilmu Sosial & Medicine edisi September, dilakukan oleh para peneliti di Yale University yang ingin melihat bagaimana membaca buku dan majalah dapat mempengaruhi umur panjang. Mereka mencatat bahwa sementara perilaku seperti kebanyakan menonton televisi diketahui meningkatkan risiko kematian, studi sebelumnya telah menemukan bahwa membaca bisa mengurangi risiko kematian atau tidak berpengaruh sama sekali.

Pada penelitian sebelumnya pernah mengkombinasikan berbagai jenis bahan bacaan, dan tidak peduli apa manfaat bacaan tersebut. Jadi para peneliti Yale menyimpulkan: Karena buku cenderung menyajikan tema dan karakter yang lebih besar dan mendalam, mereka menulis dalam pengantar koran, "kita berspekulasi bahwa buku melibatkan pikiran pembaca lebih dari surat kabar dan majalah, yang mengarah ke manfaat kognitif yang mendorong efek membaca agar umur lebih panjang. "

Ternyata benar, Bila dibandingkan dengan orang-orang tidak pernah membaca memungkinkan 17 persen lebih cepat meninggal namun bagi mereka yang membaca bahkan lebih dari itu, risiko berkurang menjadi 23 persen.

Jadi, yuk perbanyak membaca! Selain menambah umur. Wawasan kamu juga akan berkembang karena informasi yang kamu dapat semakin banyak!

 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...