Ternyata Memelihara Ikan Bermanfaat, Simak Infonya
ilustrasi

Ternyata Memelihara Ikan Bermanfaat, Simak Infonya

Minggu, 12 Jul 2020 | 07:41 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Sudah bukan rahasia umum lagi jika merawat binatang mendatangkan manfaat bagi kesehatan. Bagi kebanyakan orang mungkin lebih senang memelihara anjing atau kucing karena dapat diajak berinteraksi. Selain kedua hewan tersebut, ternyata ikan juga cukup populer. Lantas, manfaat apa yang ditawarkan dari memelihara ikan?

Manfaat memelihara ikan

Ikan termasuk binatang peliharaan yang cukup populer karena memiliki sisik yang berwarna cerah hingga perawatannya yang cukup mudah. Bahkan, bagi mereka yang menderita alergi hewan, ikan adalah alternatif yang paling baik. 

Bagi Anda yang ingin mulai memelihara ikan, sebaiknya kenali dahulu apa saja manfaat dari binatang air ini untuk kesehatan. 

1. Mengurangi tingkat stres

image0

Salah satu manfaat yang ditawarkan dari memelihara ikan, terutama ikan hias, adalah mengurangi tingkat stres. Hal ini telah dibuktikan lewat penelitian yang telah dipublikasi di PLoS one. 

Umumnya, sebagian besar penelitian telah menunjukkan manfaat dari interaksi dan kontak fisik antar manusia dan hewan, seperti anjing dan kucing.

Maka itu, peneliti mencoba mencari tahu apakah ada keistimewaan dari pelihara ikan mengingat tidak melibatkan kontak fisik sama sekali. 

Di dalam penelitian tersebut dilakukan pencarian secara sistematis. Semua bentuk interaksi terhadap ikan dipertimbangkan. Mulai dari memelihara ikan di akuarium pribadi, melihat ikan di akuarium umum, hingga menontonnya di video. 

Setelah 19 studi dilakukan, enam diantaranya menunjukkan bahwa melihat ikan di akuarium membantu mengurangi stres dan rasa cemas. Hal ini terlihat ketika beberapa peserta diminta untuk melihat ikan, baik di dalam video maupun akuarium. 

Detak jantung dan tekanan darah yang menjadi tolak ukur tingkat stres ternyata menurun. Maka dari itu, peneliti menyimpulkan bahwa manfaat dari pelihara ikan dapat membantu menurunkan kadar stres pemiliknya. 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...