Ternyata Menyanyi Bermanfaat juga untuk Kesehatan Mental
ilustrasi

Ternyata Menyanyi Bermanfaat juga untuk Kesehatan Mental

Rabu, 24 Jul 2019 | 08:45 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Mau suara bagus atau tidak, bernyanyi menjadi salah satu cara favorit untuk mengekspresikan perasaan. Tidak hanya dari irama dan lantunan melodinya, tapi lirik lagu kesukaan pun dapat menggambarkan suasana hati kita yang sebenarnya. 

Entah itu sedang sedih atau senang. Selain itu, ada juga manfaat lain dari bernyanyi untuk kesehatan mental Anda, lho! Simak penjelasan manfaat bernyanyi dari para ahli berikut ini. 

Ini manfaat bernyanyi untuk kesehatan mental;

1. Bikin hati plong

Menurut sebuah penelitian pada tahun 2017, bernyayi bareng-bareng seperti di paduan suara membuat Anda merasa lebih bahagia. Hasil tersebut didapat setelah peneliti meminta sekelompok orang yang punya gejala depresi atau gangguan kecemasan bernyayi bersama. Peneliti tidak mewajibkan semua pesertanya harus pandai bernyanyi atau punya suara bagus.

Setelah bernyanyi bersama-sama secara rutin setiap minggu, mood semua orang tersebut tampak lebih membaik. Mereka juga merasa lebih bahagia dan dapat bersosialiasi dengan lebih baik di kehidupan sehari-hari.

Peneliti menyimpulkan, kombinasi menyanyi dan bersosialisasi dalam grup menjadi bagian penting dari pemulihan gejala karena keduanya menimbulkan rasa kebersamaan, sejahtera, percaya diri, dan sense of belonging (rasa memiliki dan terlibat dalam lingkungan).

TAGS:

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...