Ternyata Minum Kopi Setelah Makan Itu Bahaya Lho

Ternyata Minum Kopi Setelah Makan Itu Bahaya Lho Sumber : Istimewa

Winnetnews.com - Cukup banyak orang yang terbiasa mengkonsumsi kopi setelah makan. Memang, kopi bisa menambah kenikmatan sesi makan kita. Selain itu, minum kopi juga bisa mengatasi rasa kantuk, menambah semangat, dan membuat kita lebih baik dalam berkonsentrasi. 

Sayangnya, menurut pakar kesehatan, ada baiknya kita tidak minum kopi setelah makan, khususnya makan siang, karena bisa menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di University of Guelph yang ada di Kanada, disebutkan bahwa kebiasaan minum kopi setelah mengkonsumsi makanan berlemak akan menyebabkan peningkatan kadar gula darah hingga dua kali lebih banyak.

Hal ini disebabkan oleh kemampuan lemak dalam mempengaruhi produksi insulin sekaligus mendistribusikan ke otot. Hal ini ternyata ikut mempengaruhi peningkatan kadar gula darah ke level yang berbahaya.

Marie-Soleil Beaudoin, salah seorang peneliti yang terlibat menyebutkan bahwa kombinasi antara kopi dan kafein bisa menyebabkan kerusakan komunikasi antara usus dengan pankreas dan membuat tubuh tidak benar-benar membersihkan gula dengan maksimal. Dilansir doktersehat, jika kita minum kopi setelah makan siang, hal ini justru akan membuat kita kesulitan untuk tidur dengan nyenyak di malam hari nanti.

Penelitian lain yang dilakukan oleh dr. Andrew Rochford menyebutkan, banyak orang yang tidak menyadari dampak minum kopi di siang hari bisa berimbas pada menurunnya rasa kantuk saat waktu istirahat malam.

Hal ini disebabkan oleh kemampuan kafein dari dalam kopi dalam menghambat kinerja kimia otak yang berkaitan dengan rasa kantuk atau jam tidur. Dr. Andrew pun lebih menyarankan kita untuk tidak lagi minum kopi setelah jam 2 siang.