Ternyata Nyamuk Suka Menggigit Ibu Hamil, Ini Alasannya

Rusmanto
Rusmanto

Ternyata Nyamuk Suka Menggigit Ibu Hamil, Ini Alasannya ilustrasi
Winnetnews.com - Selain badan yang terasa jauh lebih berat dan keinginan untuk lebih sering beristirahat, ibu hamil juga cenderung lebih sering digigit nyamuk dibandingkan dengan orang-orang yang ada di sekitarnya. Hal ini tentu bisa memberikan sensasi tidak nyaman. Sebenarnya, apa sih alasan nyamuk lebih suka menggigit ibu hamil?

Nyamuk Suka Menggigit Ibu Hamil

Pakar kesehatan Joseph Conlon dari American Musquito Control Association menyebut nyamuk memang cenderung tertarik dengan ibu hamil. Hal ini disebabkan oleh napasnya yang berbeda dibandingkan dengan orang biasa.

“Ibu hamil lebih menarik bagi nyamuk karena saat mereka bernapas, lebih banyak karbondioksida yang dikeluarkan dibandingkan dengan orang lain. Selain itu, ibu hamil juga cenderung memiliki suhu tubuh yang lebih hangat. Hal ini membuat nyamuk lebih tertarik untuk mengisap darahnya,” ucap Conlon.

Mengapa ibu hamil cenderung mengeluarkan karbondioksida dalam jumlah yang lebih banyak? Pakar kesehatan menyebut hal ini terkait dengan berat badannya yang cenderung naik dengan signifikan. Hal ini berimbas pada peningkatan pernapasan. Selain itu, ibu hamil juga cenderung mengalami peningkatan suhu tubuh yang membuat zat volatile lebih banyak keluar dari kulit. Hal inilah yang kemudian menarik perhatian nyamuk.

Masalahnya adalah tidak semua nyamuk hanya menggigit dan mengisap darah. Dalam realitanya ada nyamuk yang membawa bibit penyakit layaknya demam berdarah atau malaria. Karena alasan inilah ibu hamil sangatlah disarankan untuk memakai baju berwarna cerah yang cenderung tidak disukai oleh nyamuk, memakai baju dan celana yang lebih panjang namun tidak panas, dan memakai pakaian yang lebih longgar.

Jika perlu, ibu hamil bisa memakai kelambu di tempat tidurnya. Jika ingin memakai obat nyamuk atau lotion anti nyamuk, sebaiknya berkonsultasi ke dokter karena bisa saja lotion ini kurang aman bagi kehamilan.

Apa Reaksi Kamu?