Ternyata otak mampu serap pelajaran secara optimal hanya 20 menit

Ternyata otak mampu serap pelajaran secara optimal hanya 20 menit

Sabtu, 10 Sep 2016 | 17:43 | Rike

WinNetNews.com-Ternyata otak manusia secara optimal hanya dapat menyerap pelajaran di 20 menit pertama. Setelah momen tersebut, kemampuan otak menurun.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Pusat Neurosains Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka (Uhamka) dr Rizki Edmi Edison PhD dalam seminar bertema Strategi Pembelajaran Berbasis Neurosains di Uhamka Jakarta, Sabtu (10/9)."Kebanyakan guru tidak paham soal ini. Mereka bicara di depan kelas bisa lebih dari 50 menit, padahal kemampuan siswa mendengar rata-rata hanya 20 menit," terang Rizki.

Karenanya, ia menganjurkan, tiap 20 menit penyampaian pelajaran, siswa diberi waktu istirahat dengan disuruh untuk bergerak, berdiri atau berjalan keluar kelas, hingga dalam beberapa menit siswa bisa kembali duduk menerima pelajaran dengan konsentrasi yang maksimal. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Uhamka, tambah dia, juga sudah mulai menerapkan metode hasil riset ilmiah neurosains ini supaya mahasiswa mampu menyerap tiap pelajaran dengan baik.

Pada kesempatan tersebut Edmi pun mengatakan adanya sejumlah metode yang mampu meningkatkan fungsi otak, diantaranya adalah aktivitas fisik yang akan merangsang keluarnya hormon tertentu yang dapat memperbaharui sel-sel saraf otak. "Aktivitas ini bisa olahraga berjalan kaki, naik-turun tangga yang dilakukan secara rutin yang meningkatkan frekuensi detak jantung dan nafas," terang Edmi.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...