Ternyata Vitamin C Bisa Cegah Katarak

Ternyata Vitamin C Bisa Cegah Katarak

Minggu, 27 Mar 2016 | 21:47 | kontributor

WinNetNews.com - Konsumsi buah-buahan yang kaya akan vitamin C tak akan hanya menjauhkan Anda dari risiko flu. Risiko katarak juga bisa menurun dengan diet tinggi vitamin C.

Ya, seperti disampaikan oleh Dr Christopher Hammond dalam jurnal Ophthalmology bahwa konsumsi cukup vitamin C dapat membantu menurunkan risiko katarak.

"Meskipun katarak mungkin tidak bisa sepenuhnya dicegah, tapi setidaknya diet ini dapat menunda timbulnya penyakit tersebut. Jika sudah terkena, konsumsi tinggi vitamin C juga dapat membuat kondisi katarak tersebut tak cepat memburuk secara signifikan," tutur Hammond, seperti dikutip dari News Max Health, Minggu (27/3/2016).

Hammond melanjutkan, katarak umumnya memang terjadi secara alami seiring pertambahan usia dengan gejala awal berupa lensa mata menjadi keruh.

Dalam studi ini, dilibatkan lebih dari 1.000 wanita berusia 60 tahun di Inggris. Para peneliti menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi cukup vitamin C memiliki risiko sepertiga lebih rendah dari katarak, selama penelitian selama 10 tahun.

 

Namun peneliti mengingatkan bahwa manfaat ini bisa didapat jika vitamin C dikonsumsi dari asupan alami, bukan dari suplemen saja.

Menurut peneliti, studi ini adalah yang studi pertama yang menunjukkan bahwa diet dan gaya hidup juga memainkan peran penting dalam pengembangan katarak. Mereka yakin genetika berperan 35 persen risiko pengembangan katarak, sedangkan diet dan faktor lingkungan lainnya memiliki peran hingga 65 persen.

Hammond dan timnya juga menjelaskan bahwa cairan di dalam mata biasanya tinggi akan vitamin C, dengan fungsi membantu mencegah oksidasi yang mengarah ke lensa mata. Nah, konsumsi cukup vitamin C diyakini dapat meningkatkan jumlah vitamin dalam cairan mata, sehingga memberikan perlindungan ekstra terhadap risiko katarak.

Sumber: Detik

Foto: dokter

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...