Ternyata Wine Tertua Ada di Negara Ini!

Fellyanda Suci Agiesta
Fellyanda Suci Agiesta

Ternyata Wine Tertua Ada di Negara Ini! Foto: Pexels

WinNetNews.com - Minuman wine atau anggur memang sudah menyebar ke beberapa negara. Tapi tahukah kamau di mana wine tertua di dunia? Kemungkinan wine tertua berasal dari Italia.

Hal ini diketahui setelah menemukan jejak anggur fermentasi berusia 6.000 tahun di pantai barat Sisilia.

Sebuah tim peneliti mempelajari residu di stoples terakota yang ditemukan di sebuah gua di Gunung Kronio dekat Agrigento, Italia. "Situs itu mungkin situs suci tempat persembahan dibuat untuk para dewa", Enrico Greco, seorang ahli kimia di Universitas Catania, mengatakan kepada AFP.

"Fakta bahwa guci-guci tersebut ditemukan di dalam gua yang menyelamatkan mereka dari penguburan dan membiarkan isinya dipertahankan, meskipun telah dipadatkan selama berabad-abad," kata Greco.

Beberapa teknik analisis, termasuk resonansi magnetik nuklir, mengungkapkan adanya asam tartarat, asam primer pada anggur.

"Kami mengesampingkan residu lemak dari daging atau minyak, dan karena tidak ada bekas biji anggur atau kulit, kami menyimpulkan bahwa itu berasal dari buah anggur fermentasi," katanya, seperti dikutip dari TIME.

Temuan ini penting karena mengolah anggur fermentasi kembali ke jaman keempat SM, sekitar 3.000 tahun lebih awal dari jejak pertama pemeliharaan anggur yang sebelumnya tercatat di Italia.

"Ketika kami menerbitkan artikel kami, kami tidak membayangkan itu bisa menjadi anggur tertua yang pernah ditemukan, namun informasinya membuat kami percaya bahwa ini mungkin terjadi," kata Greco.

Apa Reaksi Kamu?