Teror Idul Adha, Pelaku Membredel Senjata di dalam Masjid

Khalied Malvino
Khalied Malvino

Teror Idul Adha, Pelaku Membredel Senjata di dalam Masjid Masjid Al-Noor Islamic Centre di Norwegia. (Foto: Detik/REUTERS/Lefteris Karagiannopoulos)

Winnetnews.com - Warga Muslim di daratan Eropa kembali dihantui aksi terorisme usai aksi penembakan di salah satu masjid di Islamic Center al-Noor, Oslo, Baerum, Norwegia, Minggu (11/8/2019).

Polisi setempat pun langsung memburu pelaku dan berhasil menangkapnya. Seperti dilansir detik.com, Asisten kepala polisi, Rune Skjold membeberkan pelaku membawa sejumlah senjata api dan telah mengekspresikan pandangannya sebagai politik kanan jauh dan anti imigran.

"Kami sedang menyelidiki ini sebagai upaya melakukan aksi terorisme," katanya.

Tersangka diduga juga telah membunuh salah satu keluarganya. Pasalnya, polisi menemukan seorang perempuan muda tewas di rumah tersangka.

Dalam kasus ini, pelaku melukai satu orang yang sedang berada di dalam masjid.

"Satu orang ditembak. Tingkat keparahan cedera orang itu tidak diketahui. Satu tersangka ditangkap. Polisi sedang bekerja di lokasi," kata polisi Oslo seperti dilansir AFP, Minggu (11/8/2019).

Para jemaah berhasil meringkus korban sebelum polisi datang.

"Orang-orang ini menunjukkan keberanian besar," Skjold menambahkan.

Hanya tiga orang yang tengah berada di masjid saat penembakan terjadi. Juru bicara masjid, Waheed Ahmed mengatakan ketiga orang tersebut tengah mempersiapkan perayaan Hari Raya Idul Adha.

Ditambahkan Kepala masjid, pelaku menggunakan helm dan berkulit putih.

"Salah satu anggota kami telah ditembak oleh seorang pria kulit putih dengan helm dan seragam," kata kepala masjid Irfan Mushtaq.

Irfan menuturkan pelaku masuk ke masjid dengan menenteng senjata api. Usai masuk, pelaku menembak ke sekeliling masjid.

"Seorang pria etnik Norwegia dengan senapan dan pistol memasuki masjid dan memecahkan kaca jendela. Dia mulai menembak di sekelilingnya," beber Mushtaq.

 

Apa Reaksi Kamu?