Teroris Kembali Menyebar, Sekarang Lakukan Serangan di Turki
Foto: AFP

Teroris Kembali Menyebar, Sekarang Lakukan Serangan di Turki

Senin, 14 Agt 2017 | 16:29 | Fellyanda Suci Agiesta

WinNetNews.com - Pasukan keamanan di ibukota Burkina Faso mengakhiri sebuah serangan terhadap tersangka jihadis yang menembaki sebuah restoran. Sebuah serangan teroris yang menewaskan setidaknya 18 orang, Senin (14/8).

"Serangan yang dimulai Minggu malam di sebuah restoran Turki yang populer dengan orang asing juga menyebabkan belasan orang terluka, sementara dua penyerang kemudian dibunuh," kata Menteri Komunikasi Remis Dandjinou. Tidak jelas berapa banyak orang bersenjata yang terlibat.

"Operasi telah berakhir" namun pencarian berlanjut di lingkungan Ouagadougou di sekitar restoran tersebut, Dandjinou mengatakan pada sebuah konferensi pers mengenai media sosial.

Restoran Istanbul hanya berjarak 200 meter dari sebuah hotel dan kafe yang ditargetkan melakukan serangan pada Januari 2016 yang menyebabkan 30 orang tewas dan 71 terluka, banyak di antaranya orang asing. Serangan itu diklaim dilakukan oleh Al-Qaeda di kelompok Maghreb Islam (AQIM).

"Menurut saksi mata, setidaknya dua penyerang tiba di sebuah sepeda motor sekitar pukul 9 malam yang bersenjata dengan tentara Kalashnikov, menembaki restoran Istanbul," kata seorang perwira polisi kepada AFP tanpa menyebut nama.

Seorang pelayan di restoran tersebut mengatakan bahwa ia melihat tiga orang tiba di kendaraan 4X4 sekitar pukul 09:30, turun dari kendaraan dan melepaskan tembakan ke pelanggan yang duduk di teras.

Penembakan berakhir sekitar pukul 5 pagi (0500 GMT), menurut seorang wartawan AFP yang berada di dekat restoran tersebut.

Sebelumnya Dandjinou mengatakan bahwa beberapa orang ditahan oleh para penyerang dan beberapa dibebaskan, namun tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Dia mengatakan, 18 korban tersebut memiliki kebangsaan yang berbeda, baik Burkinabes maupun orang asing. Turki mengatakan salah satu warganya termasuk di antara korban tewas.

"Pasukan keamanan melancarkan serangan balik sekitar pukul 09.15 melawan para penyerang yang bersembunyi di gedung tersebut," kata petugas polisi tersebut.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...