Skip to main content

Terpilih Secara Aklamasi, DPR Loloskan 5 Calon Hakim darI Komisi Yudisial

Terpilih Secara Aklamasi, DPR Loloskan 5 Calon Hakim darI Komisi Yudisial
Terpilih Secara Aklamasi, DPR Loloskan 5 Calon Hakim darI Komisi Yudisial

WinNetNews.com - Uji kepatutan dan kelayakan 5 calon hakim agung selesai digelar Komisi III DPR. Hasilnya, kelima calon tersebut terpilih secara aklamasi.

Seleksi 5 calon hakim agung digelar di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (13/9/2017). Lima calon hakim agung itu akan menempati kamar pidana, perdata, agama, militer, dan tata usaha negara (TUN).

"Lima-limanya kita ambil keputusan secara aklamasi dengan pertimbangan bahwa memang kamar-kamar hakim minim sekali. Sekarang ini dikhawatirkan akan banyak menumpukkan kasus-kasus yang ada di MA," kata Ketua Komisi III DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet).

Bamsoet menyebut kelima orang itu dinilai mumpuni menjadi hakim agung. Namun, Bamsoet tak menampik jika dalam seleksi tadi banyak hal yang dipertanyakan hingga menjadi perdebatan.

"Kita pahami di MA dengan baik dan menghindari perbuatan tercela," sebut Bamsoet.

Bamsoet berharap 5 orang ini dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya. Mereka akan ditetapkan pada paripurna DPR mendatang.

"Pesan kami calon yang kita putuskan dan dipilih dan akan kami tetapkan pada paripurna minggu depan, jangan lagi nodai MA dengan korupsi," tutur Bamsoet.

Sebelumnya, Komisi Yudisial (KY) telah menyerahkan lima calon hakim agung kepada DPR. Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah saat itu menerima perwakilan dari KY.

Usai diloloskan Komisi III, Gazalba mengaku bersyukur. Hakim agung kamar pidana Gazalba Saleh pun punya harapan agar tidak terjerat korupsi selama menjabat.

"Jelas, jadi commit nggak korup dan adil seadilnya," tegas Gazalba.

Berikut para calon hakim agung yang resmi diloloskan Komisi III:

1. Gazalba Saleh (Kamar Pidana)

2. Muhammad Yunus Wahab (Kamar Perdata)

3. Yasardin (Kamar Agama)

4. Yodi Martono Wahyunadi (Kamar Tata Usaha Negara)

5. Hidayat Manao (Kamar Militer)

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top