Terserang Batuk dan Pilek Harus Segera Diatasi, Ini Bahayanya

Rusmanto
Rusmanto

Terserang Batuk dan Pilek Harus Segera Diatasi, Ini Bahayanya ilustrasi
Winnetnews.com -  Sakit batuk dan pilek terdengar umum, tapi jika tak segera diatasi dapat menimbulkan bahaya. Sebagian orang lebih memilih untuk mendiamkannya saja hingga sembuh. Padahal kondisi ini bisa mencetuskan perkembangan penyakit lainnya.

Penyebab umum sakit batuk dan pilek

Rhinoviruses, merupakan virus penyebab umum sakit batuk pilek. Menurut Medical News Today, sebetulnya ada 200 lebih virus yang dapat mencetuskan batuk dan pilek.

Batuk dan pilek biasanya terjadi akibat penularan virus pada saluran napas bagian atas. Biasanya, kondisi tersebut disertai beberapa gejala seperti pilek dan hidung tersumbat, batuk, bersin, sakit kepala, dan demam ringan.

Penularan virus berlangsung secara mudah melalui udara sehingga dapat ditularkan dari orang yang sakit batuk pilek kemudian bersin, atau bahkan berbicara.

Tak hanya itu, benda yang terkontaminasi juga memudahkan virus tersebut menginfeksi tubuh. Misalnya, melalui gagang pintu, telepon genggam, handuk, dan lainnya. Virus dapat masuk ke dalam tubuh secara mudah melalui mata, hidung, maupun mulut.

Saat virus berhasil masuk dan mengalahkan sistem kekebalan tubuh, ia akan menginfeksi garis pertahanan pertama tubuh sehingga tubuh menghasilkan lendir. Ketika virus masuk ke dalam sel, ia akan mengambil kontrol dan memproduksi lebih banyak virus untuk menyerang sel-sel tubuh. Hal ini memunculkan penyakit batuk dan pilek.

Dalam kondisi awal, batuk dan pilek masih dapat diobati segera dengan obat yang khusus mengatasi kondisi tersebut.

Apa Reaksi Kamu?