Tertawa Saat Tidur, Normalkah?

Rusmanto
Rusmanto

Tertawa Saat Tidur, Normalkah?

Winnetnews.com - Tawa adalah reaksi spontan terhadap suatu hal yang lucu atau menggembirakan. Namun, seseorang juga bisa tiba-tiba tertawa saat sedang terlelap tidur. Lantas, apakah ini wajar? Untuk menjawabnya, yuk, lihat beberapa penyebabnya berikut ini.

Normalkah tertawa saat sedang tidur?

Tertawa saat tidur dikenal dengan istilah medis hypnogely. Menurut Cambridge University Press, fenomena ini merupakan bagian dari sleep talking alias mengigau. Meskipun terlihat aneh, kondisi ini cukup umum, terutama pada bayi.

Normal atau tidaknya tertawa saat tidur bergantung dengan penyebab yang mendasarinya. Biasanya, tertawa saat tidur adalah respons alami terhadap sesuatu yang terjadi di dalam mimpi. Bukan mimpi yang lucu, orang yang mengalami fenomena ini setelah bangun tidur akan merasa bahwa mimpi tersebut sangat aneh.

Munculnya mimpi biasanya terjadi pada tahapan tidur REM (Rapid Eye Movement). Saat Anda memasuki tidur REM, pernapasan akan jadi lebih cepat, tidak teratur, dan mata bergerak ke segala arah dengan cepat. Nah, hynogely yang terjadi akibat tidur REM inilah yang dianggap normal dan tidak perlu Anda khawatirkan.

Apa Reaksi Kamu?