Skip to main content

Tes Prediksi Kemampuan para Calon Mahasiswa

Tes Prediksi Kemampuan para Calon Mahasiswa
Tes Prediksi Kemampuan para Calon Mahasiswa

HASIL ujian masuk bersama perguruan tinggi (UMB-PT) menjadi semacam tes prediksi bagi calon mahasiswa. Hal itu dikemukakan Wakil Rektor Universitas Terbuka (UT) M Junus kepada Media Indonesia, kemarin.

"Tes itu sudah dirancang sedemikian rupa. Skor yang diperoleh (mahasiswa) dapat memprediksikan apakah nanti dia mampu menjalani proses perkuliahan dengan baik atau tidak," kata Junus.

Di UT, lanjut Junus, mahasiswa yang diterima melalui jalur UMB-PT berjumlah 222 orang. Selanjutnya, mahasiswa tersebut memperoleh beasiswa dari para mitra UT.

Delapan program studi di UT yang dibuka lewat jalur tersebut ialah administrasi negara, administrasi niaga, komunikasi, ilmu pemerintahan, sastra Inggris, manajemen dan akuntansi, ekonomi pembangunan, dan agrobisnis.

Junus mengimbau kepada mahasiswa yang diterima lewat jalur UMB-PT segera melaporkan diri dengan membawa berkas-berkas pendaftaran ke Unit Program Belajar Jarak Jauh UT di pusat dan daerah.

"Kalau mereka tidak melaporkan diri, ya gugur karena setelah dinyatakan lulus, mereka masih mengikuti tes wawancara lagi," ujar Junus.

Rektor Universitas Negeri Medan (Unimed) Syawal Gultom mengakui pihaknya mengupayakan penyelenggaraan UMB-PT bebas dari praktik perjokian.

"Kami akan memproses secara hukum jika ada dosen dan mahasiswa yang coba bermain dan ikut membantu kelulusan dalam UMB-PT," ungkap Syawal.

Peserta UMB-PT di Unimed pada 2015 yang mengikuti ujian sebanyak 8.113, bertambah jika dibandingkan dengan tahun lalu sebanyak 7.804.

Selain UT dan Unimed, perguruan tinggi lain yang juga menyelenggarakan UMB-PT 2015 ialah Universitas Syiah Kuala, Universitas Teuku Umar, Universitas Malikulsaleh, Universitas Sumatra Utara, Institut Seni Indonesia Padang Panjang, Universitas Jambi, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Universitas Udayana, Universitas Palangkaraya, dan Universitas Borneo Tarakan.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top