Testis Terlihat Kendor dan Menggantung, Normal?

Rusmanto
Rusmanto

Testis Terlihat Kendor dan Menggantung, Normal? ilustrasi
Winnetnews.com -  Normalnya testis memang menggantung dalam kondisi santai. Selanjutnya testis bisa tertarik ke atas saat pria mengalami ejakulasi. Pada kondisi tertentu, testis akan terlihat sangat menggantung dan terlihat sangat kendor. Nah, normalkah hal itu?

Testis Pria yang Normal

Testis normalnya memang akan menggantung di dalam skrotum. Baik bagian kiri atau kanan memiliki saluran yang membuatnya menggantung dan bisa bergerak secara bebas baik ke atas atau ke bawah sesuai dengan kebutuhan.

Dalam skrotum terdapat lapisan jaringan yang akan membuat testis terlindungi. Jaringan ini berbeda-beda jumlah atau tebalnya. Kadang ada pria yang memiliki jaringan cukup padat dan juga kadang sangat jarang.

Testis di dalam skrotum juga memiliki mekanisme perlindungan diri. Saat udara sedang sangat dingin, umumnya jaringan di skrotum akan mengeras dan membuat testis di bagian dalam menjadi lebih hangat untuk proses produksi sperma.

Sebaliknya kalau udara di sekitar sangat panas, testis akan lebih menggantung dan skrotum agak longgar. Mekanisme ini terjadi untuk melindungi testis terlalu panas dan akhirnya menyebabkan gangguan pada produksi sperma dan hormon.

Seiring dengan berjalannya waktu, testis dari pria akan menggantung dengan sendirinya. Umumnya usia 51 tahun ke atas, testis akan semakin menggantung karena jaringan atau otot di sekitar testis sudah sangat lemah.

Kalau saat ini usia Anda masih sangat muda dan mengalami testis yang sangat menggantung, ada baiknya memeriksakan diri. Terlebih kalau sudah terasa sakit dan tidak nyaman saat digunakan untuk duduk atau bergerak.

Apa Reaksi Kamu?