The Fed Pertahankan Suku Bunganya

Rusmanto
Rusmanto

The Fed Pertahankan Suku Bunganya

The Fed akhirnya membuat keputusan dengan mempertahankan suku bunga acuannya. Keputusan itu diambil di tengah stagnasi pertumbuhan ekonomi di AS dan pelambatan ekonomi dunia.

Komite Pasar Terbuka Federal (The Federal Open Market Committee/FOMC) sempat merencanakan menaikkan suku bunga acuannya pada akhir tahun ini.

"Kondisi ekonomi dan keuangan dunia saat ini mungkin menahan aktivitas ekonomi, ini yang membuat tekanan terhadap inflasi," kata The Fed.

Dijelaskan, gejolak perekonomian dunia saat ini lebih dikarenakan melemahnya ekonomi China. Disebutkan The Fed, pihaknya terus memantau setiap perkembangan di China, terlebih jika nantinya perekomian AS terkena imbas terbesar.

The Fed menggelar rapat selama dua hari ini membahas kebijakan apakah akan mengambil keputusan dengan menaikkan suku bunganya sejak sembilan tahun terakhir, sekaligus mewaspadai krisis seperti yang terjadi di tahun 2008.

Diingatkan The Fed, kondisi ekonomi di AS saat ini berada dalam posisi moderat, dengan pengeluaran rumah tangga dan investasi yang meningkat, bersama dengan peningkatan pembangunan rumah.

Salah satu kunci dari kebijakan yang diambil The Fed adalah kekuatan dari pasar tenaga kerja. Dikatakan, perkembangan pasar tenaga kerja sudah meningkat sejak pertemuan Juli lalu. Meski begitu, tingkat inflasi menjadi rujukan paling utama dari The Fed

The Fed menekankan, pertumbuhan ekonomi AS akan meningkat 2,1 persen tahun ini namun di tahun 2016 diproyeksikan melambat 2,3 persen dari 2,5 persen yang diperkirakan.

The Fed juga menurunkan proyeksi inflasinya selama dua tahun mendatang, diperkirakan 1,7 persen pada tahun depan dan 1,9 persen pada 2017. Proyeksi ini di bawah perkiraan 2,0 persen sebelumnya

Keputusan The Fed ini tidaklah mengejutkan pasar, perdagangan di Wall Street pun tetap moderat, indeks S&P naik 0,33 persen di penutupan perdagangan. Sementara, dollar AS melemah 1,0 persen dengan nilai tukar 1,1395 atas Euro. 

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});