The Fed Tunda Keputusan Suku Bunga.?

The Fed Tunda Keputusan Suku Bunga.?

Harga emas berkesempatan melanjutkan penguatan pada penutupan perdagangan hari ini. Pasalnya, peluang Federal Reserve untuk menaikkan suku bunga kemungkinan tertutup seiring inflasi Amerika Serikat pada Agustus yang mencapai -0,1%.

Sebelumnya, pada penutupan perdagangan kemarin, harga emas langsung naik 1,54% dari US$1.102 menjadi US$1.119 per troy ounce seiring dengan rilisnya data inflasi bulanan Amerika Serikat (AS) turun menjadi -0,1%.

Pada perdagangan hari ini sampai pukul 14.27 WIB, harga emas pun lanjut menguat sebesar 0,13% menjadi US$1.120 per troy ounce.

Adnan Chaniago, analis senior PT Global Artha Futures, mengatakan buruknya data inflasi AS membuat ekspektasi kenaikan suku bunga Federal Reserve (the Fed) kian menipis.

Apalagi, malam ini akan menjadi penentuan kenaikan suku bunga seiring pengumuman hasil Federal Open Market Committee (FOMC).

"Jika akhirnya the Fed benar-benar kembali menunda kenaikan suku bunga, harga emas berpotensi menguat hingga ke level US$1.145," jelasnya dalam riset pada Kamis (17/9/2015).

Dalam survey memang diperkirakan the Fed berpotensi menaikkan suku bunga dalam rentang 13 bps sampai 25 bps. Tapi, itu semua berpotensi kembali ditunda karena sejumlah data ekonomi AS pada Agustus kurang memuaskan dari non-farm payroll yang di bawah 200.000 sampai inflasi yang -0,1%.