"The Great Hack": Film Dokumenter Tentang Penyalahgunaan Data Privasi

Nurul Faradila
Nurul Faradila

"The Great Hack": Film Dokumenter Tentang Penyalahgunaan Data Privasi The Great Hack (sumber: sciencefiction.com)

Winnetnews.com - Jika kamu penikmat film dokumenter, jangan sampai kelewatan film dokumenter dari Netflix yang berjudul “The Great Hack”. Film ini bisa memberikan sebuah sensasi luar biasa yakni memberikan penonton kesadaran fakta dan ironi dari penggunaan privasi data di media sosial.

Film ini digarap oleh Karim Amer dan Jehane Noujaim. Keduanya pertama kali bertemu dalam proyek film “The Square” pada tahun 2013. Bersama, mereka mencoba memberikan paradoks dari skandal Cambridge Analytica, perusahaan digital yang menjadi tim kemenangan Donald Trump dalam menggunakan data privasi orang-orang, kemudian mengolahnya. Kedua sutradara ini pun tertegun kearena semakin mereka menggali, fakta yang didapatkan semakin gelap.

Melalui film ini, mereka ingin mengedukasi orang-orang untuk bisa lebih berhati-hati dan memperjuangkan data yang merupakan privasi dan hak asasi. Karim dan Jehane pun memberikan visual yang semakin memperdalam makna dengan menunjukan pixel artificial.

“The Great Hack” menunjukkan sebuah gambaran algoritma yang mempengaruhi bagaimana kita berkehidupan dan bagaimana kita diberikan sebuah konten-konten hoax, yang membuat kita semakin mudah untuk dikelabui.

Film yang sudah dirilis 24 Juli lalu ini, merupakan salah satu film dokumenter yang wajib ditonton oleh semua kalangan. Film ini menunjukan adanya perjuangan hak sebagai manusia, yaitu data privasi dan mempertanyakan sebuah moralitas dari apa yang Cambridge Analytica lakukan.

Film ini terasa sangat relate dengan kehidupan sehari-hari, di mana kita kadang tidak membaca terms and conditions ketika menginstall aplikasi baru dan tanpa sadar mungkin data kita telah dipermainkan.

Apa Reaksi Kamu?