‘The Santri’ Dihujam Kritik FPI, NU Buka Suara

Amalia Purnama Sari
Amalia Purnama Sari

‘The Santri’ Dihujam Kritik FPI, NU Buka Suara Film The Santri (sumber: IDN Times)

Winnetnews.com - Belum genap seminggu peluncuran trailer ‘The Santri’, banyak ormas dan tokoh masyarakat yang memberikan kecaman terhadap film garapan Livi Zheng tersebut.

Pihak-pihak yang tidak setuju ini menilai bahwa film tersebut tidak mencerminkan kehidupan santri yang sesungguhnya.

Salah satu protes santer dilontarkan oleh Ketua Umum Santri Indonesia (FSI), Hanif Alathas. Hanif diketahui juga merupakan menantu dari Ketua Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab.

Menanggapi hujaman komentar, Wakil Sekjen Pengurus NU (PBNU) yang juga sekaligus eksekutif produser ‘The Santri’, Imam Pituduh, akhirnya memberikan respon.

“Saya mengajak semuanya untuk menunggu dan menonton langsung ‘The Santri’. Setelah selesai menonton kita akan lihat film tersebut bertentangan atau tidak,” ujar Imam, seperti dikutip dari Detik.com, Rabu (18/09).

Imam juga mengingatkan semua pihak yang menentang film tersebut untuk membuktikan adanya pelanggaran nilai-nilai Islam di dalam film. Menurutnya, dalam film tersebut tidak ada tradisi santri yang dilanggar.

“Saya justru mengajak teman-teman yang bertentangan, ayo segera lakukan casting, dan ikut main bareng untuk merasakan di sini tidak ada hal-hal yang bertentangan sama sekali. Kami justru mengajak untuk memahami agama bisa membumi,” pungkas Imam.

Apa Reaksi Kamu?