The Weeknd Dituduh Plagiat Lagu Produser Ini
Foto: GettyImages

The Weeknd Dituduh Plagiat Lagu Produser Ini

Jumat, 24 Sep 2021 | 08:00 | Nurul Faradila

Winnetnews.com -  The Weeknd digugat oleh dua orang produser yang mengklaim single yang berjudul ‘Call Out My Name’, mirip dengan lagu yang mereka buat beberapa tahun lalu. Musisi Suniel Fox dan Henry Strange atau Epikker, mengajukan gugatan itu ke pengadilan federal California pada 17 September lalu.

Melansir The Vulture, mereka juga melaporkan produser The Weeknd yakni Frank Dukes dan musisi Nicolás Jaar, yang lagunya ‘Killing Time’ dijadikan sebagai sampel untuk lagu tersebut.

Kedua produser itu, dalam gugatannya menyebut kalau single The Weeknd dari album ‘My Dear Melancholy’, sama dengan lagu mereka ‘Vibeking’, yang dibuat pada April 2015. Suniel Fox dan Henry Strange mengklaim telah mengirimkan lagu itu kepada PNDA (Platform for Networl Data Analytics).

Gugatan itu juga mengutip beberapa pesan yang diduga terjadi antara PNDA, bersama Fox dan Strange, yang membenarkan bahwa musisi pemenang Grammy 2015 itu menyukai lagunya.

Disebutkan bahwa kemiripan lagu ‘Call Out My Name’ dengan ‘Vibeking’ terdapat di bagian kunci, meter, dan tempo. Suniel Fox dan Henry Strange juga mengklaim kalau The Weeknd tidak pernah menerima persetujuan dari mereka sebelum merilis lagu tersebut.

“The Weeknd tidak asing dengan tuduhan pelanggaran, dan yang satu ini mungkin merupakan klaim paling mengerikan terhadap dia dan timnya hingga saat ini,” kata Stephen M. Doniger, pengacara Suniel Fox dan Henry Strange.

Selain meminta ganti rugi, kedua produser itu meminta The Weeknd tidak membawakan lagu tersebut sampai mereka memberikan izin. Dirilis April 2018, ‘Call Out My Name’ mencatat rekor streaming hari pertama lagu terbanyak di Spotify, dan mencapai No. 4 di Hot 100 Billboard.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...