Theo: Caketum Golkar Iuran Untuk Biayai Munaslub

Theo: Caketum Golkar Iuran Untuk Biayai Munaslub

Kamis, 21 Apr 2016 | 17:01 | Rusmanto
WinNetNews.com - Ketua Penyelenggara Munaslub Partai Golkar, Theo L Sambuaga, menegaskan usulan mewajibkan para calon ketum untuk menyetor uang Rp 5-10 miliar dimaksudkan untuk membiayai pelaksanaan Munaslub.

Usulan setoran para caketum dibahas dalam rapat steering comittee Munaslub pada Rabu (20/4). Namun setoran ini bukan hanya dibebankan kepada caketum melainkan pengurus DPP, anggota Fraksi Golkar di DPR dan kader Golkar yang ingin berkontribusi menyukseskan pelaksanaan Munaslub pada 25-27 Mei di Bali.

"Semua penyelenggaraan Munas kan butuh biaya. Oleh karena itu harus ditanggung bersama, tak hanya caketum termasuk saya, ya kita gotong royong lah," sambungnya.

Urunan uang ini menurut Theo juga dimaksudkan sebagai bentuk transparansi asal muasal dana pembiayaan penyelenggaraan Munaslub. "Perlu diingat maksud saweran ini terbuka sehingga kita juga dalam berkomitmen mencegah praktik transaksional," kata dia.

Dia menepis adanya kekhawatiran saweran ini akan membebani caketum yang tidak punya banyak modal finansial politiknya. Apalagi keputusan atas usul tersebut termasuk jumlah uang yang harus disetorkan belum diketok dalam rapat pleno DPP.

Saweran ini diklaim Theo juga dilakukan pada gelaran Munas sebelumnya. Namun diakui Theo, saweran Munaslub kali ini menjadi sorotan karena usulan besaran jumlah uang termasuk membebankannya kepada caketum.

Selain usulan saweran, pengurus/kader yang ingin maju di bursa caketum harus memenuhi persyaratan normatif seperti pengalaman minimal 5 tahun sebagai pengurus DPP.

"Kemudian pernah duduk jabatan jenjang di bawahnya kemudian bersih gitu kita mensyaratkan laporan kekayaannya, (utamanya) yang sebagai pejabat kemudian juga berbagai hal yang obyektif sebagai komitmen," kata Theo.

disadur dari situs detik news

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...