Tiba-tiba Micro SD Rusak, Ini Lho Beberapa Penyebab Memory Card Nggak Bisa Ngebaca

Tiba-tiba Micro SD Rusak, Ini Lho Beberapa Penyebab Memory Card Nggak Bisa Ngebaca

Selasa, 19 Apr 2016 | 14:27 | Kontributor 3
winnetnews.com - Lagi asyik-asyiknya berfoto bareng sohib, eh nggak taunya smartphone ngadat gara-gara nggak bisa nyimpan hasil foto. Kok bisa yah tiba-tiba? Sebenarnya nggak mendadak juga sih micro sd bisa rusak. Nah berikut ini beberapa sebab kenapa micro sd jadi eror.

Sering di pindah-pindah

image0

Sebenarnya ini sungguh tidak perlu dilakukan kecuali sobat winnet ganti gadget.

Kalo hanya untuk mengcopy file, ada banyak pilihan cara memindahkan file antar HP dengan aman, melalui koneksi Bluetooth atau WiFi, atau kabel data jika ke laptop. Kartu memory yang sering di pindah-pindah akan lebih rentan terhadap penyakit, karena harus sering menyesuaikan diri dengan tempat dan sistem operasi baru.

Salah Cara Memindahkan

image1

Meskipun sobat winnet dalam keadaan terburu-buru, cobalah untuk bersabar ketika terpaksa mencabut kartu memory dari HP dan memindahkannya ke card reader atau HP lain. Matikan HP terlebih dahulu, tunggu 10-20 detik, baru cabut kartu memory

Terkena Minyak atau kotoran

image2

Pastikan tangan sobat winnet bersih dari kotoran atau minyak ketika memegang kartu memory. Kotoran akan membuatnya tidak bisa terhubung dengan baik dengan pembaca di HP atau card reader.

Magnet

image3

Inilah musuh utama segala jenis media penyimpanan berbasis magnet. Data di kartu memory ditulis dan dibaca menggunakan magnet, tentu tidak sesederhana itu penjelasannya. Mulai dari sejak jaman kaset dengan pita dahulu, magnet bisa merusak susunan data yang tersimpan sampai acak kacau balau. Maka, tipsnya cuman satu: hindarkan HP atau kartu memory dari sumber magnet atau medan magnet seperti speaker, pesawat TV berlayar CRT, kumparan motor listrik, dan sebagainya.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...