Tidak Boleh Disepelekan Bila yang Sakit Belakang Lutut
ilustrasi

Tidak Boleh Disepelekan Bila yang Sakit Belakang Lutut

Senin, 24 Jun 2019 | 08:04 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Rasa sakit di belakang lutut bukanlah hal yang normal sekalipun Anda aktif berolahraga. Kondisi ini justru bisa menjadi tanda dari cedera otot, jaringan yang robek, hingga penyakit peradangan pada area tersebut. Agar tidak keliru dalam menanganinya, berikut adalah berbagai kondisi yang dapat menyebabkan rasa sakit pada bagian belakang lutut Anda

Apa yang menyebabkan rasa sakit di belakang lutut?

1. Kram pada kaki

Kram pada kaki dapat menjadi penyebab dari rasa sakit di belakang lutut. Orang yang mengalami gangguan pada saraf kaki, penyakit pada hati, infeksi, serta dehidrasi lebih rentan mengalami hal ini.

Rasa sakit yang khas akibat kram bisa berlangsung selama beberapa detik hingga sepuluh menit. Walaupun sakitnya telah menghilang, Anda masih mungkin merasakan nyeri pada otot-otot kaki selama beberapa jam setelahnya. Cobalah memberikan kompres air hangat dan merilekskan kaki Anda untuk mengatasi kram pada kaki dan mencegahnya muncul kembali.

2. Lutut terkilir

Kecelakaan, benturan, maupun insiden jatuh dapat menggeser posisi tulang dan jaringan ikat lutut Anda sehingga menimbulkan rasa sakit. Jika rasa sakit di belakang lutut disebabkan karena Anda terkilir, segera periksakan kondisi Anda ke dokter untuk mencegah komplikasi yang lebih parah.

3. Cedera tendinitis lutut

Dikenal juga dengan sebutan patellar tendonitis, tendinitis lutut terjadi saat otot penghubung tempurung lutut dan tulang betis mengalami cedera. Kondisi yang memiliki sebutan lain jumper’s knee ini biasanya terjadi saat Anda melompat atau berganti arah secara tiba-tiba. Karena itu, atlet dan orang-orang yang berolahraga secara aktif lebih rentan mengalaminya.

4. Iliotibial band syndrome

Anda yang sangat gemar bersepeda mungkin perlu lebih berhati-hati, sebab Anda lebih berisiko mengalami iliotibial band syndrome. Kondisi ini ditandai dengan bergesekannya jaringan ligamen bagian luar paha dengan tulang di bagian belakang lutut. Lama-kelamaan, gesekan tersebut menyebabkan iritasi, pembengkakan, serta menimbulkan rasa sakit di belakang lutut.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...