Tidak Mau Kalah Dengan Negara Adidaya Lainnya, China Juga Bikin Kapal Induk Sendiri
ilustrasi

Tidak Mau Kalah Dengan Negara Adidaya Lainnya, China Juga Bikin Kapal Induk Sendiri

Kamis, 27 Apr 2017 | 10:13 | Rusmanto

WinNetNews.com - Kapal induk pertama yang didesain dan dibuat di China diluncurkan oleh Negeri Tirai Bambu tersebut. Belum diberi nama, ini adalah kapal induk kedua yang dimiliki oleh militer China, tapi jadi yang pertama dibuat secara mandiri.

Dikutip dari CNN, Kamis (27/4/2016), China pertama kali mengumumkan konstruksi kapal induk baru ini pada bulan Desember 2015. Dan dikatakan didesain secara independen di China.

Memang secara teknologi, kapal induk tersebut dinilai masih tertinggal dari kapal induk Amerika Serikat atau Rusia. Namun sepertinya hanyalah menjadi pijakan sebelum pembuatan kapal induk China generasi selanjutnya yang lebih canggih.

"Mungkin hanya didesain agar China ikut dalam permainan kapal induk di mana yang selanjutnya, yang mungkin saja sedang proses konstruksi, akan mendekati kapal induk buatan AS," sebut Sam Roggeveen, pengamat dari Lowy Institute.

Meski sudah diluncurkan, bukan berarti kapal itu bisa langsung dioperasikan. Diperkirakan baru pada tahun 2020 kapal tersebut benar-benar bisa digunakan untuk mendukung militer China.

Ia dirancang dapat mengangkut sampai 24 unit jet tempur Shenyang J-15 yang juga buatan China. Juga tambahan 12 helikopter.

Kapal induk pertama China sendiri bernama Liaoning, dibeli dari Ukraina pada tahun 1998. Setelah diperbaiki, baru bisa dioperasikan pada tahun 2012.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...