Tidak Mau ‘Ngegas’ Seperti Arteria Dahlan kepada Emil Salim, ini Saran Pakar Jiwa

Amalia Purnama Sari
Amalia Purnama Sari

Tidak Mau ‘Ngegas’ Seperti Arteria Dahlan kepada Emil Salim, ini Saran Pakar Jiwa Arteria Dahlan marah (foto: Dok. Trans 7)

Winnetnews.com - Politikus Fraksi PDI-P Arteria Dahlan baru-baru ini membuat publik kaget karena dianggap ‘ngegas’ saat berdebat dengan Emil Salim. Menurut ahli jiwa, kejadian ini tidak akan terjadi jika Arteria menerapkan sistem anger management.

“Jika merasa sering marah atau emosi maka penting untuk melakukan anger management. Ini bukan semata-mata karena perihal gangguan jiwa, tapi juga untuk memperbaiki kapasitas kita yang suka marah untuk memiliki kendali dan fokus,” kata dr. I Gusti Rai Putra Wiguna, SpKJ, psikiater dari UbudCare Clinic, seperti dikutip dari Detik Health.

Marah menurut Gusti merupakan ekspresi sekunder yang terjadi akibat munculnya hal primer. Misalnya marah karena jengkel, merasa tidak aman, frustasi, atau lainnya.

Menanggulangi rasa marah dapat dilakukan dengan bernapas secara dalam dengan diafragma dan dilakukan terus-menerus sampai rasa marah menghilang. Menurut WebMD, rasa marah juga bisa dialihkan ke aktivitas fisik yang lain dan dengan mengucapkan kalimat positif.

Kontrol emosi di depan publik bisa menjadi pembelajaran bagi banyak orang. “Bercermin saja dari perilaku tersebut dan jangan sampai kita membiarkan diri kita lepas kontrol di depan umum,” kata Gusti.

 

Apa Reaksi Kamu?