Tidak Suka Micin? Ini Pilihan Camilan Sehat yang Bebas Micin

Tidak Suka Micin? Ini Pilihan Camilan Sehat yang Bebas Micinilustrasi ngemil (Foto-Shutterstock)

WinNetNews.com - Setiap orang gemar mengonsumsi camilan karena rasanya nikmat dan bisa membuat diri sendiri senang. Apalagi jika dilanda stres, ngemil cokelat atau keripik sering jadi pelampiasan agar mood terasa baik kembali.

Ngemil sebenarnya sah-sah saja, tapi perhatikan kandungan gizinya. Jangan sampai kandungan pada camilan bisa memepengaruhi kesehatan jika dikonsumsi secara berlebih.

Biasanya camilan yang sering dipilih adalah aneka makanan ringan seperti keripik yang mengandung MSG atau sering disebut micin. Jika gemar ngemil keripik yang mengandung micin, pastikan tidak mengonsumsinya secara berlebih karena bisa berdampak buruk pada kesehatan.

Beberapa ahli kesehatan mengimbau agar batasan micin dikontrol karena kandungan natriumnya tinggi sehingga bisa menganggu kesehatan, terutama bagi penderita hipertensi dan penyakit ginjal. Ingat, micin akan menganggu kesehatan jika dikonsumsi secara berlebih, Seperti dikutip dari situs detikHealth, Jakarta, Sabtu (15/9/2018).

Badan Kesehatan Dunia (WHO) membatasi konsumsi micin hanya 6 gram per hari. Sementara Kementerian Kesehatan RI membatas asupan MSG sebanyak 5 gram per hari.

Jika dikonsumsi secara berlebih, micin atau MSG bisa masuk dalam kategori neurotosin yang memililiki efek jangka panjang merusak otak dan sistem saraf. Bahkan bisa menyebabkan efek excitotoxins yang memicu insulin, penyimpanan lemak, dan rasa ketagihan.

Pilih camilan bebas micin seperti yogurt yang kaya akan serat dan kalsium, kacang pistachio yang merupakan sumber protein dan lemak sehat, dan oats yang mengandung protein dan serat sehingga bisa membuat rasa kenyang lebih lama.

Jika ingin makan keripik, pilih yang tidak mengandung MSG seperti Fitchips yang terbuat dari multigrain (biji-bijian bernutrisi dan kaya serat).