Tidur Berkualitas Bisa Tingkatkan Imunitas di Saat Pandemi COVID-19
ilustrasi

Tidur Berkualitas Bisa Tingkatkan Imunitas di Saat Pandemi COVID-19

Jumat, 20 Nov 2020 | 07:25 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Imbauan untuk meningkatkan imunitas tubuh terus dilakukan. Masyarakat diminta untuk rajin berolahraga dan mengonsumsi makanan penuh nutrisi. Tapi jangan lupa bahwa tidur berkualitas juga memegang peranan penting dalam mengurangi risiko COVID-19

Kenapa di masa pandemi ini kebutuhan akan tidur berkualitas semakin penting?

Tidur Berkualitas Meningkatkan Imunitas Saat Pandemi COVID-19

image0

Penelitian selama satu dekade terakhir semakin memvalidasi bahwa tidur berperan penting terhadap kesehatan tubuh manusia. Tidur berkualitas mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap virus-virus penyebab penyakit menular termasuk pada infeksi SARS-CoV-2 penyebab COVID-19. 

Andreas Prasadja, satu-satunya spesialis kedokteran tidur atau somnologis di Indonesia, menjelaskan dua hal penting manfaat tidur dalam menjaga stabilitas kesehatan fisik dan emosional seseorang. 

Pertama, hanya tidur yang mampu membangun kemampuan otak, seperti kecerdasan, ketelitian, dan pendorong utama stabilitas emosional.

“Ketika terbangun dari tidur yang nyaman di pagi hari tubuh akan merasa segar dengan emosi yang positif. Inilah pentingnya tidur karena tidak ada yang bisa menggantikan efek restoratif (pemulihan) dari tidur,” jelas Andreas. 

Kedua, tidur adalah cara utama yang membuat sistem kekebalan tubuh manusia bekerja optimal. Meski telah mengonsumsi vitamin ataupun suplemen tambahan, tapi tanpa kualitas tidur yang bagus maka akan sulit bagi sistem imun untuk bekerja dengan baik.

Ada tiga faktor penunjang kesehatan yang biasa disebut health triangle yakni nutrisi seimbang, olahraga, dan tidur. Ketiga hal ini dianggap sebagai segitiga yang saling menopang di mana tidur diletakkan sebagai dasarnya. 

“Asupan nutrisi seimbang dan olahraga menjadi percuma jika tidak disertai kesehatan tidur yang baik,” kata Andreas.

Tidur berkualitas sangat berpengaruh terhadap imunitas tubuh. Salah satu alasannya karena sel-sel interleukin naik saat tubuh tertidur. Interleukin adalah protein penting dalam merangsang respons kekebalan tubuh.

Studi yang mengaitkan tidur berkualitas dengan peningkatan imunitas tubuh sudah banyak dibahas dalam jurnal-jurnal ilmiah. Sebuah studi, misalnya mengatakan bahwa orang yang cukup tidur lebih jarang terserang virus influenza ketimbang mereka yang kurang tidur. 

“Meningkatkan tidur berkualitas kemungkinan menjadi alat yang ampuh dalam membantu menangkal penularan dan mengurangi risiko terjadinya perburukan gejala COVID-19,” kata dokter ahli kesehatan tidur tersebut. 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...