(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Tidur dengan Rambut Basah Itu Kurang Baik, Lalu Bagaimana Jika Terpaksa?

Sofia
Sofia

Tidur dengan Rambut Basah Itu Kurang Baik, Lalu Bagaimana Jika Terpaksa? Sumber Foto: Time Magazine

Winnetnews.com - Ada banyak artikel yang membahas dampak yang kurang baik dari tidur dengan rambut basah. Entah itu untuk alasan kesehatan maupun dari sisi estetika. Namun setelah menjalani hari yang panjang seusai sibuk bekerja, Anda mungkin kelelahan sampai rumah. Anda harus mandi dan membasahi rambut agar kembali segar. Akan tetapi karena rasa lelah akibat aktivitas seharian, membuat Anda tidak punya waktu untuk mengeringkan rambut barang sebentar sebab Anda terlampau mengantuk.

Sebenarnya tidur dengan rambut basah tidak menimbulkan bahaya yang terlalu signifikan. Hanya saja memang ada beberapa dampak buruk yang terjadi pada diri Anda jika melakukannya.

Hasil negatif pertama yang akan Anda hadapi jika membiarkan diri Anda tidur dengan rambut basah adalah murni atas alasan estetika.

"Ketika sebelumnya Anda tidur dengan rambut basah, lalu ingin menata rambut di pagi harinya, Anda mungkin akan kesulitan menata kondisi rambut yang dihasilkan dari tidur dengan rambut basah: keriting, gelombang yang tampak lucu, sisi datar, dan kusut," kata penata rambut Olga Gilbert dari Salon J. Russell di California Selatan, seperti dikutip dari Reader's Digest.

“Ketika Anda bangun mendapati rambut yang tak bisa diatur seperti itu, Anda mungkin harus membuatnya basah lagi lalu mengeringkannya dengan benar untuk bisa mengontrol bentuk rambut seperti yang Anda inginkan. Ini tentu membuang waktu rutinitas pagi Anda, ” katanya.

Gilbert mengatakan bahwa tidur dengan rambut basah memang tidak segera merusak folikel atau batang rambut Anda, tetapi hal itu tentu saja dapat menyebabkan kerusakan rambut, karena rambut dalam keadaan paling lemah saat basah, membuatnya lebih lentur dan mudah patah.

"Jika Anda menguncir rambut Anda atau membuat bunny dengan kencang, peluang rambut Anda bisa patah jadi sangat besar, pada malam hari," kata Gilbert.

Namun Jika Anda terpaksa harus tidur dengan rambut basah karena, katakanlah, Anda harus bangun lebih awal untuk bekerja, ada beberapa cara mudah untuk meminimalkan kerusakan.

1. Mengganti sarung bantal dengan yang berbahan sutra atau satin.

Sutra memiliki permukaan yang jauh lebih halus, sehingga kurang abrasif untuk rambut basah Anda, jadi rambut  Anda tidak akan mengalami kerusakan.

2. Pastikan untuk tidur dengan rambut di bawah atau dalam kepang longgar, bukan di atas sanggul ketat atau dikuncir

Anda harus mengganti karet gelang ketat dan elastis Anda dengan ikat rambut lembut yang tidak akan menarik rambut Anda secara kasar di malam hari. Jika Anda mau, akan sangat membantu (tetapi kurang nyaman) jika membungkus rambut Anda dengan syal sutra.

3. Jangan pernah melewatkan pengaplikasian produk perawatan rambut

Jika Anda terpaksa harus tidur dengan rambut basah, aturan paling penting adalah merawat rambut Anda dengan salah satu dari: kondisioner tanpa bilas, serum pelindung, minyak kering, dan hair mousse bertekstur.


Sumber Foto: Adore Beauty

Demikianlah beberapa cara terbaik untuk memastikan agar saat bangun rambut Anda tidak sulit ditata. Di samping itu, sementara Anda tidur, treatment pada poin terakhir melindungi rambut Anda yang berharga dari kerusakan.

 

 

 

 

Apa Reaksi Kamu?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});