Tidur Pakai Bantal atau Tidak, Mana yang Lebih Sehat?
ilustrasi

Tidur Pakai Bantal atau Tidak, Mana yang Lebih Sehat?

Rabu, 19 Jun 2019 | 08:29 | Rusmanto

Winnetnews.com - Setiap orang memiliki selera yang berbeda-beda, termasuk ketika tidur. Ada yang suka pakai bantal saat tidur atau mungkin juga tidak. Dari sisi medis, mana yang sebenarnya lebih sehat untuk tubuh? Yuk, cari tahu jawabannya berikut ini.

Kenapa ada orang yang suka tidur tidak pakai bantal?

Bantal menjadi teman setia untuk menemani tidur. Bantal disebut dapat membuat tidur menjadi lebih nyaman. Namun, tidak semua orang suka tidur menggunakan bantal.

Sebuah studi yang diterbitkan pada jurnal Physiotherapy Canada mengamati efek dari tidur pakai bantal dan tidak. Sebanyak 1.600 partisipan diminta untuk tidur dengan 5 bantal dan tidak dengan bantal sama sekali.

Hasilnya menunjukkan bahwa hampir 50% lebih orang-orang memilih tidak tidur dengan bantal. Alasannya, karena pilihan dan kualitas bantal yang buruk tidak memberikan kenyamanan saat tidur.

Akibatnya mereka memilih tidak tidak pakai bantal sama sekali untuk tidur.

Jika bantal yang digunakan tidak nyaman, tidur akan terganggu. Beberapa efek yang dirasakan lelah dan mengantuk keesokan harinya.

Tak hanya itu, kualitas tidur yang buruk bahkan dalam jangka panjang bisa menyebabkan masalah kesehatan, seperti mudah stres, kecelakaan kerja, dan penyakit jantung.

Lantas, kenapa ada juga yang suka tidur dengan bantal?

image0

Sejarah mencatat bahwa orang Mesir kuno sudah menggunakan bantal dari batu untuk mencegah masuknya serangga ke telinga. Sementara, zaman dinasti China, bangsawan menggunakan bantal dari kayu untuk menjaga rambutnya tetap rapi. Lantas, bagaimana dengan sekarang?

Berdasarkan studi yang sama, orang yang suka tidur dengan bantal adalah mereka yang sudah terbiasa tidur dengan bantal. Jadi, mereka tetap memilih tidur pakai bantal dibanding tidak sama sekali.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...