Skip to main content

Tidur yang Baik Bisa Bikin Berat Badan Ideal Gaes! ini Faktanya!

Tidur yang Baik Bisa Bikin Berat Badan Ideal Gaes! ini Faktanya!
Tidur yang Baik Bisa Bikin Berat Badan Ideal Gaes! ini Faktanya!

Winnetnews.com - Memastikan bisa tidur nyenyak di malam hari banyak sekali manfaatnya. Salah satunya berhubungan dengan berat badan serta komposisi lemak tubuh.

Tidur yang berkualitas mengharuskan pola yang teratur atau terjadwal. Makin cepat terlelap, makin sedikit kesempatan untuk ngemil di malam hari. Penelitian membuktikan, pola tidur yang berantakan berhubungan dengan peningkatan berat badan yang antara lain disebabkan oleh kebiasaan ngemil sembari menunggu datangnya rasa kantuk.

Pembakaran kalori tetap berlangsung di dalam tubuh saat tidak sedang beraktivitas. Di antaranya untuk menjaga fungsi jantung, otak, dan organ vital lainnya. Energy expenditure, atau jumlah kalori yang terbakar saat tidak bergerak tersebut, tercatat 5 persen lebih tinggi pada orang-orang dengan pola tidur yang baik, dibandingkan pada orang-orang yang tidurnya berantakan.

Diet maupun porsi olahraga yang sama bisa saja memberikan hasil berbeda. Salah satu faktor pembedanya adalah kualitas istirahat, utamanya saat tidur. Recovery yang baik saat tidur sangat penting untuk memastikan hasil yang optimal dari program diet maupun olahraga.

Sebuah penelitian di jurnal Obesity membuktikan, orang-orang dengan kualitas tidur yang baik cenderung punya pilihan menu makan yang lebih sehat.

Bukan cuma pilihan makan yang menjadi lebih sehat, dampak tidur yang berkualitas pada pola makan adalah nafsu makan yang lebih terkontrol.

Pola makan yang tidak sehat antara lain dipicu oleh ketidakmampuan otak untuk menjaga konsentrasi saat makan. Tidur yang cukup bisa menjaga pikiran agar tidak mudah teralihkan saat sedang makan sehingga terhindari dari risiko makan berlebihan.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top