Tiga Bank Indonesia Meminjam USD 3 Miliar Ke Bank Pembangunan Cina

Tiga Bank Indonesia Meminjam USD 3 Miliar Ke Bank Pembangunan Cina

 

Wingamers.com - Tiga bank Indonesia meminjam USD 3 miliar ke Bank Pembangunan Cina. Bank tersebut adalah Bank Mandiri, BNI dan BRI dan dana digunakan untuk membiayai proyek-proyek infrastruktur di Indonesia. Penandatangan kerjasama ini dilakukan di Beijing 16 September 2015 antara Kepala Komisi Nasional dan Reformasi Cina dengan direktur masing-masing bank.

Dari total pinjaman tersebut, masing-masing bank yaitu Bank Mandiri, BRI dan BNI, menerima pinjaman sebesar satu miliar dollar AS dengan jangka waktu 10 tahun. Selain itu 30 % dari dana pinjaman tersebut akan diterima dalam mata uang Renminbi (RMB).

Seperti dilansir Antara, pinjaman tersebut selaras dengan program pemerintah yang akan memfokuskan sektor infrastruktur. Sampai Juni tahun ini Bank Mandiri menyalurkan pembiayaan ke sektor infrastruktur sebesar Rp38,2 triliun. Pembiayaan itu digunakan untuk pembangunan dan pengembangan proyek-proyek infrastruktur strategis seperti jalan tol, pelabuhan hingga kereta Light Rail Transit (LRT).

Pembiayaan infrastruktur yang telah disalurkan BNI hingga akhir Semester I 2015 mencapai Rp 62,3 triliun ke beberapa sektor, antara lain telekomunikasi, konstruksi (jalan tol, pelabuhan, bandar udara), dan kelistrikan.