Tiga Candi Ini Sajikan Hiburan Spesial di Malam Tahun Baru

Tiga Candi Ini Sajikan Hiburan Spesial di Malam Tahun Baru

WinNetNews.com - Berbagai persiapan dan kemasan acara di lokasi wisata dilakukan untuk menyambut libur akhir tahun 2015 ini. PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko akan menggelar berbagai atraksi yang bisa menambah hiburan bagi wisatawan.

"Ada kirab budaya dan pergelaran Sendratari Ramayana yang digelar di gedung tertutup," kata Jayeng Legowo, Kepala Unit Teater Pentas PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko, Jumat, 18 Desember 2015.

Sebelum para penari dan pemain sendratari Ramayana pentas, mereka akan mengikuti kirab. Permainan budaya dan tradisional juga disajikan selama liburan Natal dan Tahun Baru kali ini di sekitar Candi Prambanan dan Candi Ratu Boko.

Menurut Jayeng, pementasan Ramayana digelar selama sepuluh kali mulai 24 Desember 2015 hingga 2 Januari 2016 di Gedung Tertutup Trimurti. Selain pementasan dalam rangka liburan Natal dan Tahun Baru 2016, Unit Teater Pentas sudah memiliki jadwal pementasan reguler, yaitu pada hari Selasa, Kamis, dan Sabtu setiap pukul 19.30 hingga 21.30 WIB.

Soal harga tiket, bagi wisatawan minat khusus bisa mendapatkannya dengan harga kelas khusus Rp 275 ribu, kelas I Rp 200 ribu, dan kelas II Rp 125 ribu. Pihak pengelola candi juga menyediakan tiket terusan wisatawan yang berkunjung pada pagi atau siang hari. Wisatawan bisa menikmati suasana candi dan menyaksikan sendratari dengan tiket terusan itu.

Menurut Retno Hardiasiwi, Direktur Operasional PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko, ditargetkan ada peningkatan 10 persen dalam kunjungan wisatawan pada libur panjang ini. Pada tahun lalu, tingkat kunjungan wisatawan pada libur Natal dan Tahun Baru sekitar 200.000 orang.

"Kami menargetkan ada peningkatan kunjungan 10 persen menjadi 244.755 pengunjung ke Candi Prambanan,” katanya.

Retno menambahkan, suguhan atraksi budaya tambahan di lokasi candi antara lain kuda lumping, jathilan, dan workshop seni lukis. Ada pula workshop membatik dan workshop pembuatan batu mulia atau akik.

Di lokasi Candi Ratu Boko, ditargetkan jumlah wisatawan yang berkunjung selama liburan akhir tahun sebanyak 32.995 orang. Puncak kunjungan diprediksi terjadi pada 1 Januari 2016 sebanyak 3.576 wisatawan. Di sana ada pertunjukan kesenian tradisional, seperti Cokekan, Gejog Lesung, Srandul, Angklung Jalanan, dan Live Acoustic Band.

 

dilansir dr tempo