Tiga Fakta Seputar Mimpi Basah

Daniel
Daniel

Tiga Fakta Seputar Mimpi Basah Ilustrasi

Winnetnews.com -  Kejadian seperti mimpi basah seringkali terjadi pada saat masa pubertas. Biasanya remaja pria akan mengalami hal tersebut, namun tahukah Anda bahwa ternyata mimpi basah juga bukan hanya terjadi sebatas pada remaja pria saja.

Mimpi basah juga tidak menutup kemungkinan bisa terjadi pada pria dewasa. Fenomena yang dikenal dengan sebutan nocturnal emission tersebut menurut penjelasan yang dikutip dari Alodokter adalah ejakulasi yang terjadi pada saat seorang pria tertidur. Berikut ini adalah tiga fakta seputar mimpi basah yang mungkin belum Anda ketahui.

Pemicu Mimpi Basah

Salah satu penyebab yang memicu sesorang mengalami mimpi basah adalah minimnya aktivitas seksual. Intensitas sering atau tidaknya seorang pria mengalami mimpi basah juga kerap dikaitkan dengan seberapa sering ia melakukan masturbasi atau aktivitas seksual lainnya.

Persentasenya yakni sebanyak 70 persen pria berusia antara 21 hingga 25 yang belum menikah pernah mengalami mimpi basah. Meski demikian tidak menutup kemungkinan pria yang berusia lebih tua juga bisa mengalami hal ini.

Pertama Kali Pada Usia Berapa?

Masa-masa menjelang remaja atau biasa disebut pubertas, pria biasanya mulai memproduksi hormone testosteron. Keberadaan hormon testosterone yang membuat seorang pria bisa memproduksi sperma. Oleh karena itulah biasanya mimpi basah terjadi saat memasuki usia 13 tahun di mana saat itu tubuh remaja mengalami perubahan secara alami.

Biasanya selain mengalami mimpi basah karena keberadaan hormon testosteron yang sudah dimiliki seorang remaja, pada momen tersebut pula penis pada remaja pria mulai berkembang dan memanjang. Lalu remaja pria juga akan memiliki bulu kemaluan di sekitar alat kelamin.

Berbahayakah Mimpi Basah?

Mimpi basah tidaklah berbahaya untuk tubuh. Malah hal tersebut merupakan sebuah reaksi yang normal dan alami dari tubuh terhadap perubahan hormonal. Hal tersebut tidaklah sama sekali berpengaruh pada tingkat kesuburan sesorang.

Selain dialami oleh pria, mimpi basah juga bisa terjadi pada wanita. Banyak mitos yang berkembang soal mimpi basah, salah satunya adalah memperpendek usia. Hal itu jelas tidak benar, karena mimpi basah adalah sebuah proses di mana seorang pria remaja mengalami “transisi” menjadi pria dewasa.

Apa Reaksi Kamu?