(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Tiga Hal dari Debat Pilpres yang Membuat Media Sosial Heboh

Daniel
Daniel

Tiga Hal dari Debat Pilpres yang Membuat Media Sosial Heboh Foto: Tribun

WinNetNews.com – Debat Pilpres perdana semalam tidak hanya menyita perhatian banyak khalayak lewat layar televisi saja. Media sosial juga bergejolak dari sebelum, saat, dan setelah sesi debat berlangsung.

Ada banyak hal yang ternyata jadi perhatian warganet pada saat debat berlangsung. Terutama hal-hal unik yang terjadi. Tak mengherankan jika situs Spredfast mencatat dalam kurun waktu 18.00 hingga 23.00 ada lebih dari 52 ribu cuitan seputar jalannya debat.

Mengutip dari BBC Indonesia, ada tiga hal yang menjadi pembahasan utama para netizen Indonesia seputar debat pilpres perdana semalam. Apa sajakah tiga hal tersebut? Berikut penjelasannya.

  1. Ira Koesno



    Pada debat pilpres perdana, Ira Koesno menjadi salah satu moderator debat bersama Imam Priyono. Sebenarnya bukan hal baru untuk jurnalis senior tersebut menjadi seorang moderator debat, sebab pada 2017 lalu ia mengemban peranan yang sama pada saat pilgub DKI.

    Paras cantik dengan pakaian yang rapih membuat para netizen pangling. Respons seperti ini sebenarnya juga didapatkan oleh Ira Koesno pada saat menjadi moderator debat pilgub 2017.

    Mbak ira kusno kok awet muda ya bedaknya apaan mbak...😍😍😍

    #DebatPilpres2019

    — Sam Kolik (@KolikSam) January 17, 2019

  2. Hoaks Ratna Sarumpaet



    Salah satu momen yang mungkin tak terlupakan pada debat perdana pilpres semalam adalah ketika Jokowi menjawab pertanyaan Prabowo Subianto soal permasalahan penegakan hukum yang disebutnya berat sebelah. Prabowo mencontohkan bahwa ada kepala daerah pendukungnya yang ditangkap, sedangkan pendukung Jokowi-Ma’ruf Amin baik-baik saja.

    Pada saat itu Jokowi menjawab “Jangan menuduh begitu Pak Prabowo. Kalau ada bukti, diajukan saja,” Jokowi lalu mengkaitkannya dengan kasus hoaks Ratna Sarumpaet yang tahun lalu sempat menghebohkan masyarakat.

    Jokowi: "Jangan menuduh seperti itu Pak Prabowo, kita negara hukum, ada mekanisme hukum. Kalau ada bukti, sampaikan ke aparat, Jangan grusa grusu menyampaikan sesuatu. Jangan sampai, misalnya, jurkamnya Pak Prabowo mukanya babak belur, tenyata operasi plastik."

    #DebatPilpres2019

    — BBC News Indonesia (@BBCIndonesia) January 17, 2019

  3. Jawaban Singkat KH Ma’ruf Amin



    Pada saat debat membahas soal penegakan hukum dan perlindungan HAM, Jokowi menjelaskan gagasannya mengenai hal tersebut. Namun ketika waktu yang tersisa masih cukup banyak, Jokowi lantas mempersilakan partner-nya untuk menjawab.

    Uniknya alih-alih menambahkan dengan argumen atau penjelasan tambahan, Ma’ruf Amin dengan singkat menjawab “Cukup” saja. Hal tersebut sontak langsung membuat netizen heboh, ada yang mengkritik, tapi tak sedikit pula yang menganggap hal itu lucu.

    Pak Kyai sukanya nge-retweet ajah~

    — Alitt Susanto (@shitlicious) January 17, 2019

Apa Reaksi Kamu?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});