Tiga Hal Impresif yang Dicatat Garuda Muda di Piala AFF U-22

Daniel
Daniel

Tiga Hal Impresif yang Dicatat Garuda Muda di Piala AFF U-22 Foto: PSSI

Winnetnews.com - Timnas Indonesia U-22 sukses merengkuh gelar juara Piala AFF U-22 untuk kali pertama. Lawan mereka di final, Thailand, sukses ditaklukan dengan skor 2-1. Ada beberapa catatan menarik yang dibuat oleh Garuda Muda di sepanjang turnamen. Apa sajakah itu?

1. Garuda Muda Haus Gol

Selama kurang lebih dua pekan gelaran turnamen dilangsungkan, Timnas U-22 kita berhasil mencetak total delapan gol. Rinciannya lima gol dicetak di babak penyisihan grup, dan tiga gol dibukukan di babak semifinal dan final.

Pada babak penyisihan grup distribusi gol timnas antara lain 1 ke gawang Myanmar, 2 ke gawang Malaysia, dan 2 lagi ke gawang Kamboja. Sementara di babak semifinal 1 gol berhasil dicetak ke gawang Vietnam. Lalu pada babak final 2 gol sukses diciptakan.

2. Marinus Wanewar Top Skor

Masa depan lini depan Timnas Indonesia bisa jadi cerah. Hal tersebut terlihat dari kualitas striker Timnas U-22 yang punya skill finishing jempolan dan hal itu ada pada diri Marinus Wanewar. Striker muda Merah Putih bersinar di ajang Piala AFF U-22.

Pemain yang membela tim Persipura Jayapura tersebut mencatatkan total tiga gol, sekaligus yang terbanyak di ajang tersbut. Jika dirinci, Wanewar mencetak gol pertamanya di turnamen ke gawang Malaysia, dan dua lagi ke gawang Kamboja. Selain Marinus, Saringkan Promsupa (Thailand) dan Tran Danh Trung (Vietnam) juga mencatatkan tiga gol.

3. Debut Langsung Juara

Turnamen Piala AFF U-22 tahun ini merupakan ajang debut untuk Indonesia. Selain Indonesia, Vietnam juga merupakan debutan. Meskipun debutan, Timnas Indonesia tampil gemilang sejak babak penyisihan grup.

Indonesia jadi negara kedua yang sukses merengkuh gelar juara di turnamen ini. Sebelumnya, pada gelaran perdana di tahun 2005, Thailand keluar sebagai juara. Dengan kata lain, selain sukses meraih gelar juara sebagai debutan, Garuda Muda juga mengalahkan juara bertahan.

Apa Reaksi Kamu?