Tiga Hari Dibuka, RS Darurat Corona Wisma Atlet Kemayoran Rawat 208 Pasien
Foto: Detik.com

Tiga Hari Dibuka, RS Darurat Corona Wisma Atlet Kemayoran Rawat 208 Pasien

Kamis, 26 Mar 2020 | 15:32 | Anggara Putra Utama

Winnetnews.com - Rumah Sakit Darurat penanganan virus Corona di Wisma Atlet Kemayoran saat ini telah resmi beroperasi selama tiga hari. Dalam kurun waktu tersebut, RS Darurat ini telah merawat 208 pasien dengan dalam sehari dapat menerima puluhan pasien baru.

“Di hari pertama itu 74 pasien, kemudian tanggal 25 Maret ada 178 dan pagi ini sudah 208 pasien,” kata Panglima Kodam Jaya, Mayor Jenderal Eko Margiyono di Gedung BNPB, dikutip dari Kompas.com.

Rumah Sakit Darurat Corona ini mulai beroperasi pada 23 Maret 2020 lalu sebagai bentuk penanganan jumlah pasien positif corona dan pasien dalam pemantuan yang terus bertambah. RS ini sendiri menempati dua gedung Wisma Atlet dengan daya tampung sekitar 3.000 pasien.

Fasilitas rumah sakit Wisma Atlet terdiri dari ruangan rawat inap dan juga ruangan untuk mengisolasi pasien. Rumah sakit ini didesain untuk merawat pasien dengan kondisi ringan hingga sedang. “Ada pasien yang kondisinya berat kemudian dirujuk,” kata Eko.

Eko mengatakan untuk bisa dirawat di rumah sakit ini, pasien dapat langsung datang ke rumah sakit. Selain itu bisa juga melalui rujukan dari rumah sakit lainnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi secara langsung meresmikan RS Darurat ini, dengan diketahui empat tower di Wisma Atlet Kemayoran ini langsung bisa digunakan untuk menangani pasien Covid-19. Keempat tower yang disiapkan adalah Tower 1, Tower 3, Tower 6, dan Tower 7. 

Di samping itu, Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto juga sempat mengatakan, Wisma Atlet Kemayoran akan diperuntukkan bagi mereka yang menunjukkan gejala Covid-19 atau sakit ringan.

Terawan mengatakan, pasien yang hendak dirawat di Wisma Atlet harus lebih dulu memeriksakan diri di rumah sakit, karena rumah sakit harus lebih dulu memastikan ada tidaknya gejala virus corona pada pasien. Proses pemeriksaan di rumah sakit bukan hanya rapid test, melainkan juga pemeriksaan swab.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...