Tiga Jenis Deposito ini Cocok untuk Milenial yang Baru Belajar Menabung
Ilustrasi: The Balance

Tiga Jenis Deposito ini Cocok untuk Milenial yang Baru Belajar Menabung

Sabtu, 5 Okt 2019 | 13:30 | Amalia Purnama Sari
Winnetnews.com - Kaum milenial mungkin sering mengalami kesulitan dalam menabung uang. Menyimpan uang di bank bukanlah cara satu-satunya untuk menabung. Salah satu jenis tabungan yang bisa memberi keuntungan buatmu adalah dengan deposito.

Dilansir dari Cermati.com, deposito merupakan salah satu cara menyimpan uang di bank. Bedanya dengan tabungan biasa adalah bahwa penyeotran dan penarikan deposito hanya bisa dilakukan pada waktu tertentu. Selain itu, deposito juga menggunakan sejumlah potongan atau penalti pada tabungan yang ditarik sebelum waktu jatuh tempo.

Dilansir dari Fimela, berikut ini beberapa jenis deposito yang bisa dipilih milenial untuk menabung.

1. Deposito berjangka

image0
Ilustrasi: Money Saving Expert

Jenis deposito yang satu ini banyak dipilih oleh pemula. Deposito berjangka memiliki pilihan jangka waktu yang beragam, mulai dari 1, 2, 3, 6, 12, 18, atau 24 bulan, sesuai dengan target yang telah disepakati oleh nasabah dan pihak bank.

2. Sertifikat deposito

image1
Ilustrasi: Money Crashers

Deposito yang satu ini merupakan simpanan dana yang diberikan bank untuk jangka waktu 6 sampai 12 bulan dan disertai oleh adanya sertifikat. Sertifikat yang diberikan pun tidak mengacu pada pemilik deposito atau nama lembanga. Hal ini memudahkanmu untuk menjual atau memindahtangankan deposito tersebut ketika kamu merasa perlu.

3. Deposito On Call

image2
Ilustrasi: This is Money

Deposito jenis ini memiliki jangka waktu minimal 7 hari atau paling lama kurang dari satu bulan. Berbeda dengan sertifikat deposito, Deposito On Call menggunakan nama nasabah atau lembaga. Jumlah untuk deposito ini juga jauh lebih besar. Uniknya, jumlah bunga yang diperoleh dapat dihitung tiap bulan, tergantung pada negosiasi antara nasabah dengan pihak bank.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...