Tiga Manfaat Tidur yang Cukup untuk Tubuh

Daniel
Daniel

Tiga Manfaat Tidur yang Cukup untuk Tubuh Ilustrasi

Winnetnews.com -  Banyak cara untuk mengistirahatkan fisik dan pikiran, salah satu yang paling ampuh adalah tidur yang cukup. Namun seringkali kita abai dengan jam tidur dan malah baru beristirahat terlalu larut, bahkan tak sedikit yang baru memutuskan untuk memejamkan mata pada dini hari.

Sebenarnya jika ditelisik lebih dalam ada banyak manfaat yang bisa didapatkan jika tidur dengan waktu yang cukup. Berikut ini adalah tiga manfaat tidur yang cukup untuk tubuh, mengutip dari situs kesehatan Alodokter.

Menjaga Berat Badan

Tahukah Anda jika kurang beristirahat maka akan berpengaruh pada risiko obesitas, terutama pada remaja. Dengan tidur maka tubuh akan melakukan proses penyimpanan karbohidrat dengan baik. Caranya dengan menjaga hormon yang membuat kita merasa lapar (ghrelin) atau kenyang (leptin) tetap seimbang. Oleh karena itu ketika sesorang tidak cukup tidur maka hormon ghrelin akan naik, dan sebaliknya leptin akan turun.

Pertumbuhan Badan

Istirahat dan tidur yang cukup juga bisa membantu pertumbuhan dan perkembangan tubuh yang sehat. Tidur yang nyenyak dapat memicu melepaskan hormon yang mendukung pertumbuhan normal pada anak-anak dan remaja. Fungsi hormon tersebut adalah membantu memperbaiki sel-sel dan jaringan, meningkatkan massa otot untuk range usia anak-anak hingga orang dewasa.

Memengaruhi Kehidupan Seks

Menurut jajak pendapat yang dilakukan oleh National Sleep Foundation, kelelahan atau kurangnya istirahat dapat memengaruhi kehidupan seksual. Mereka yang kurang istirahat cenderung memiliki kehidupan seksual yang berantakan. Bahkan, gangguan istirahat dan tidur juga dikaitkan dengan rendahnya kadar testosteron pada pria.

Apa Reaksi Kamu?