Tiga Olahraga Favorit Nabi Muhammad, Tertarik Mencoba?

Amalia Purnama Sari
Amalia Purnama Sari

Tiga Olahraga Favorit Nabi Muhammad, Tertarik Mencoba? Ilustrasi: Okezone Lifestyle
Winnetnews.com - Ada banyak kebiasaan baik Nabi Muhammad SAW yang bisa dicontoh oleh umat muslim. Tidak melulu masalah ibadah, Nabi Muhammad SAW ternyata merupakan pribadi yang gemar berolahraga.

Dari beberapa riwayat hadis, Rasulullah SAW disebutkan memiliki beberapa olahraga favorit, yaitu memanah, berkuda, dan berenang. Ketiga olahraga ini dipercaya memiliki fokus yang tinggi. Jadi selain sehat secara fisik, kamu juga bisa sehat secara mental.

Islam sendiri memiliki perhatian khusus bagi aktivitas fiisk dan mental umatnya. Tidak hanya kaum muslim yang bisa mencoba, namun non-muslim juga bisa mencoba beberapa olahraga yang direkomendasikan oleh Rasulullah SAW ini.

1. Memanah

Ilustrasi: Step Outside

Memanah bisa dikatakan sebagai jenis olahraga kuno yang digunakan oleh para prajurit untuk meningkatkan keterampilan mereka dalam berperang. Oalhraga ini memerlukan fokus fisik dan mental yang tidak mudah. Selain melatih fokus, memanah ternyata dapat menguatkan otot perut dan kaki serta menjaga stabilitas keseimbangan tubuh.

2. Berkuda

Ilustrasi: BolaSport.com

Dilansir dari Life in Saudi Arabia, Nabi Muhammad SAW pernah dilaporkan berpartisipasi dalam pelatihan kuda untuk menguatkan dan mengencangkan otot-ototnya.  Berkuda mungkin bisa dikatakan seperti bersepeda namun jauh lebih menantang karena bergoyang-goyang. Selain melatih otot, berkuda juga dipercaya bisa melatih keseimbangan. Selain itu, berkuda juga bisa melatih kelenturan dan daya tahan tubuh.

3. Berenang

Ilustrasi: Unsplash

Setiap orang mungkin setuju jika olahraga renang merupakan paket komplit yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Tidak hanya efektif untuk membakar kalori, berenang juga ternyata dapat berguna unutk menjaga pernapasan, meninggikan badan, dan menyehatkan jantung. Renang bisa dikatakan sebagai kardio murni. Renang adalah olahraga yang tingkatannya sedang ke tinggi.

Apa Reaksi Kamu?