(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Tiga Wartawan Media Internasional Keluar Setelah Tulis Artikel Investasi Rusia dan Trump

Fellyanda Suci Agiesta
Fellyanda Suci Agiesta

Tiga Wartawan Media Internasional Keluar Setelah Tulis Artikel Investasi Rusia dan Trump

WinNetNews.com - Tiga wartawan CNN, termasuk editor eksekutif yang bertanggung jawab atas sebuah unit investigasi baru, telah mengundurkan diri setelah mempublikasikan artikel terkait Rusia yang ditarik kembali.

Thomas Frank, yang menulis artikwl yang dimaksud, Eric Lichtblau, seorang editor, Dan Lex Haris, yang mengawasi unit ini, semuanya telah meninggalkan CNN.

"Setelah pencabutan sebuah artikel yang diterbitkan di CNN.com, CNN telah menerima pengunduran diri karyawan yang terlibat dalam publikasi artikel tersebut," kata seorang juru bicara Senin malam.

Investigasi internal oleh manajemen CNN menemukan bahwa beberapa proses editorial standar tidak diikuti saat artikel tersebut dipublikasikan, beberapa pengamat memberi tahu hasil penyelidikan tersebut.

Artikel ini melaporkan sedang menyelidiki "dana investasi Rusia yang memiliki hubungan dengan pejabat Trump," mengutip satu sumber anonim.

Jenis cerita ini biasanya ditinjau oleh beberapa departemen di CNN, termasuk faktir, ahli standar jurnalisme dan pengacara, sebelum dipublikasikan.

Keruntuhan alur kerja editorial ini mengganggu eksekutif CNN yang mengetahui hal itu.

Dalam pertemuan staf pada Senin sore, anggota unit investigasi diberitahu bahwa pencabutan tersebut tidak berarti fakta-fakta dari artikel tersebut salah. Sebaliknya, itu berarti bahwa artikelnya tidak cukup solid untuk dipublikasikan seperti apa adanya.

Laporan tentang dana investasi Rusia dan pejabat Trump tidak disampaikan di saluran televisi CNN, namun dipublikasikan di web dan dibagikan di media sosial.

Pada hari Jumat, salah satu dari orang-orang yang disebutkan dalam artikel tersebut, Trump bersekutu dengan Anthony Scaramucci, membantah laporan Frank dan berkata, "Saya tidak melakukan kesalahan apa-apa."

Jumat malam, setelah ditentukan bahwa proses editorial tidak diikuti, CNN menghapus artikelnya dari CNN.com. Segera setelah itu, artikelnya resmi dicabut dan diganti dengan sebuah catatan editor.

"Bagian yang tidak memenuhi standar editorial CNN dan telah ditarik kembali. Tautan ke cerita telah dinonaktifkan," kata catatan itu.

Catatan editor juga berisi permintaan maaf kepada Scaramucci.

"CNN melakukan hal yang benar, bergerak berkelas, permintaan maaf diterima," tulis Scaramucci dalam sebuah tweet keesokan paginya.

"Semua orang membuat kesalahan. Terus maju." tambahnya.

Keberangkatan Haris, Lichtblau dan Frank kemungkinan akan mengejutkan rekan kerja, terutama mengingat reputasi ketiga pria tersebut.

Frank bekerja untuk USA Today dan Newsday selama tiga dekade, melakukan penyelidikan dan meliput perang Irak sebagai reporter yang tertanam, sebelum mulai bekerja di CNN.

Dia adalah bagian dari unit investigasi baru yang ambisius yang bergabung pada musim dingin yang lalu, membawa bersama tim yang ada dari dalam perusahaan dan karyawan baru seperti Lichtblau.

Seorang veteran The New York Times yang memenangkan Hadiah Pulitzer untuk pelaporan nasional pada tahun 2006, Lichtblau bergabung dengan CNN tiga bulan yang lalu.

Haris, yang ditunjuk sebagai editor eksekutif CNN Investigates pada bulan Januari, sebelumnya adalah editor eksekutif CNNMoney.

"Pada hari Jumat, CNN mencabut sebuah artikel yang diterbitkan oleh tim saya. Sebagai Pemimpin Eksekutif tim tersebut, saya telah mengundurkan diri," kata Haris dalam sebuah pernyataan.

"Saya pernah bersama CNN sejak 2001, dan saya yakin tentang satu hal: Ini adalah organisasi berita yang menghargai keakuratan dan keadilan di atas segalanya. Saya akan pergi, tapi akan membawa prinsip-prinsip itu kemanapun saya pergi." katanya.

Apa Reaksi Kamu?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});